5 Fakta Mengerikan Ledakan Bom di Turki

Aparat mengevakuasi korban ledakan bom di pusat kota Istanbul, Turki
Sumber :
  • Ismail Coskun/IHA via AP

VIVA Dunia - Ledakan bom terjadi di Istanbul Turki pada Minggu 13 November 2022 kemarin. Atas insiden tersebut menyebabkan puluhan orang terluka dan menewaskan enam orang.

Masih Hangat, Presiden Iran Bujuk Pakistan Gabung Aliansi Anti-Israel

Ledakan yang terjadi pada Minggu kemarin merupakan peringatan atas kecemasan dan masalah keamanan bagi warga Turki yang sebelumnya pernah terjadi insiden yang sama.

Ini bukan pertama kalinya Turki dilanda serangan terorisme. Pada 2015 dan 2017 pernah terjadi insiden yang sama dilakukan oleh kelompok ekstrimis yaitu militan Kurdi yang menginginkan peningkatan otonomi atau kemerdekaan.

Pagi Ini, KPU Tetapkan Prabowo-Gibran sebagai Presiden dan Wapres Terpilih

Berikut beberapa mengerikan ledakan bom di Kota Istanbul Turki, seperti dilansir berbagai sumber sebagai berikut:

1. Pelaku Seorang Wanita

Negara Ini Tuduh Iran sebagai Negara Teroris, Kok Bisa?

Aparat mengevakuasi korban ledakan bom di pusat kota Istanbul, Turki

Photo :
  • Ismail Coskun/IHA via AP

Pelaku pemboman di Istiklal Avenue merupakan diduga merupakan seorang wanita, seperti dilansir Channel New Asia, Senin 14 November 2022. Erdogan mengungkapkan bahwa pelakunya diduga merupakan seorang wanita dan harus bertanggung jawab atas insiden tersebut.

2. Menewaskan Enam Orang

Mobil ambulans di lokasi ledakan bom di pusat kota Istanbul, Turki

Photo :
  • AP Photo/Francisco Seco

Dalam insiden ledakan di Istanbul Turki telah menewaskan enam orang. Hal ini langsung disampaikan oleh wakil Presiden Fuat Oktay. Pasalnya insiden tersebut berada di Istiklal Avenue yang merupakan tempat banyak berbelanja dan turis asing.

3. 81 Mengalami Luka-luka

Polisi berjaga-jaga di lokasi ledakan bom di pusat kota Istanbul, Turki

Photo :
  • AP Photo/Can Ozer

Tidak hanya menelan korban jiwa. Dalam insiden tersebut telah menelan banyak korban luka-luka, seperti dilansir berita Viva sebelumnya. Jumlah korban yang mengalami luka-luka sebanyak 81 orang dan beberapa ada yang mengalami luka sangat serius.

4. Serangan Terorisme

VIVA Militer: Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan

Photo :
  • hurriyet.com.tr

Presiden Turki, Erdogan memberikan tanggapan bahwa kejadian yang menimpa negaranya tersebut merupakan serangan terorisme. Hal ini ia ungkapkan saat menghadiri KTT G20 di Indonesia. Selain itu, Erdogan memaparkan lebih lanjut, upaya untuk mengambil alih turki dengan cara kekerasan atau terorisme tidak akan berhasil.

"Ledakan itu sebagai serangan bom dan mengatakan para pelakunya akan dihukum. Kami tidak mengatakan siapa yang berada di balik serangan itu, tetapi menyebut ledakan itu  merupakan serangan teror," lanjutnya.

5. Lokasi di Istiklal Avenue

Istiklal Avenue merupakan salah satu destinasi wisata yang berada di Turki. Maka dari itu, dalam insiden ledakan bom Turki menelan enam korban jiwa dan 81 mengalami luka-luka serius. Ditambah ledakan di Istanbul Turki terjadi pada hari Minggu, dimana warga Turki maupun turis mancanegara sedang menikmati masa libur di kota tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya