Pertemuan Bilateral Joe Biden dan Xi Jinping di Bali Bakal Cetak Sejarah

Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping di China Saat Biden masih Wapres AS
Sumber :
  • ANTARA/China Daily/mii/am

VIVA Dunia – Presiden Amerika Serikat (AS) bersama dengan Presiden China Xi Jinping akan melakukan pertemuan bilateral bersejarah di Bali, pada Senin, 14 November 2022. Pertemuan tersebut dilakukan sehari sebelum kegiatan konferensi tingkat tinggi (KTT) G20 dilaksanakan.

Rupiah Melemah, Sri Mulyani Beberkan Mata Uang Negara-negara G20 Kondisinya Senasib

"Jadi, dia (Biden) akan memiliki kesempatan untuk duduk dan bicara terang-terangan dan langsung mendengar dari Presiden Xi, yang juga bicara terang-terangan dan langsung," kata Penasihat Keamanan Nasional AS, Jake Sullivan, Senin, 14 November 2022.

Dia menambahkan bahwa Biden akan mencoba mencari solusi saat bertemu dengan Xi, dan akan mengelola hubungan yang lebih baik dengan China.

Joe Biden Sahkan Undang-undang yang Membuat Tiktok Terancam Diblokir

Xi Jinping dan Joe Biden ketika masih sama-sama jadi Wapres China-AS tahun 2012

Photo :
  • AP Photo/Charles Dharapak

Pertemuan Biden dan Xi akan menjadi sejarah, di tengah panas dinginnya hubungan kedua negara akibat konflik Rusia-Ukraina dan kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taiwan.

Rusia Makin Gencar Menyerang, AS Janji Secepatnya Akan Kirim Senjata ke Ukraina

Informasi mengenai keduanya, sebelumnya diumumkan oleh juru bicara Gedung Putih Karine Jean-Pierre dalam pernyataannya. Terkait pertemuan tersebut, isu yang dibahas akan mengenai keamanan kawasan dan dunia.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo dan Presiden Amerika Serikat Joe Biden melakukan pertemuan bilateral di The Apurva Kempinski Bali, Nusa Dua, Bali, Senin, menjelang perhelatan KTT G20 Indonesia.

Pertemuan bilateral ini menjadi yang pertama dilakukan Jokowi dalam rangkaian perhelatan KTT G20 Indonesia.

Jokowi dan Biden bertemu di The Apurva Kempinski Bali pada pukul 12.30 WITA. Keduanya tampak berjabat tangan, lalu duduk berdekatan dibatasi sebuah meja bundar kecil.

Jokowi tampak didampingi sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju, antara lain, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, dan Menteri BUMN Erick Thohir.

"Selamat datang di Bali. Selamat datang di Indonesia. Saya sangat menghargai kedatangan, kehadiran Presiden Biden di KTT G20 di Bali. Sekali lagi saya sangat mengapresiasi kehadiran Joe Biden dan besok kita akan mulai melakukan KTT G20," ucap Jokowi.

Jokowi menyampaikan harapan agar KTT G20 dapat menghasilkan kerja sama konkret yang dapat membantu dunia dalam pemulihan ekonomi global.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya