Xi Jinping, Erdogan dan PM Australia Anthony Albanese Tiba di Bali

Pesawat Kepresidenan China yang membawa Presiden Xi Jinping tiba di Bali
Sumber :
  • ANTARA

VIVA Dunia – Pesawat Kepresidenan China yang membawa Presiden Xi Jinping tiba di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali pada Senin. Pesawat Air China berkelir putih strip biru yang ditumpangi Xi mendarat di bandara pada sekitar pukul 13.40 WITA.

Rupiah Melemah, Sri Mulyani Beberkan Mata Uang Negara-negara G20 Kondisinya Senasib

Xi Jinping akan menghadiri rangkaian acara KTT G20 Indonesia. Dia juga direncanakan melakukan pertemuan bilateral bersama Presiden AS Joseph R Biden di Bali pada Senin sore.

Selain itu, pesawat VIP Perdana Menteri Australia Anthony Albanese juga menyusul mendarat setelah pesawat Xi terparkir di apron.

Kerjasamanya dengan Iran dan Rusia Disebut Sumber Kejahatan oleh AS, China Murka

Sebelum kedatangan pesawat Xi, pesawat kepresidenan Turki yang membawa Presiden Recep Tayyip Erdogan beserta ibu negara dan rombongan juga telah mendarat sekitar pukul 12.00 WITA.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan ibu negara tiba di Ngurah Rai, Bali

Photo :
  • ANTARA
Mal Sydney Kembali Dibuka Usai Insiden Penikaman Horor yang Tewaskan 6 Orang

Penerbangan sejumlah kepala negara/pemerintahan dijadwalkan tiba di Bali hingga pada Senin malam. Para kepala negara/pemerintahan akan menghadiri KTT G20 ke-17 dengan puncak pertemuan pada 15-16 November 2022 di Apurva, Kempinski Hotel, Nusa Dua.
 
Pertemuan Bersejarah

Diketahui, Presiden AS Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping akan melakukan pertemuan bilateral bersejarah di Bali, pada Senin, 14 November 2022.Pertemuan tersebut dilakukan sehari sebelum kegiatan KTT G20 dilaksanakan.

"Jadi, dia (Biden) akan memiliki kesempatan untuk duduk dan bicara terang-terangan dan langsung mendengar dari Presiden Xi, yang juga bicara terang-terangan dan langsung," kata Penasihat Keamanan Nasional AS, Jake Sullivan, Senin, 14 November 2022.

Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping di China Saat Biden masih Wapres AS

Photo :
  • ANTARA/China Daily/mii/am

Dia menambahkan bahwa Biden akan mencoba mencari solusi saat bertemu dengan Xi, dan akan mengelola hubungan yang lebih baik dengan China.

Pertemuan Biden dan Xi akan menjadi sejarah, di tengah panas dinginnya hubungan kedua negara akibat konflik Rusia-Ukraina dan kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taiwan.

Informasi mengenai keduanya, sebelumnya diumumkan oleh juru bicara Gedung Putih Karine Jean-Pierre dalam pernyataannya. Terkait pertemuan tersebut, isu yang dibahas akan mengenai keamanan kawasan dan dunia. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya