Polisi Yongsan yang Diselidiki Atas Tragedi Itaewon Ditemukan Tewas di Rumahnya

Tragedi Itaewon yang terjadi pada 29 Oktober 2022
Sumber :
  • Yonhap.

VIVA Dunia – Seorang petugas polisi berusia 55 tahun yang seharusnya diselidiki atas tragedi Halloween Itaewon ditemukan tewas di rumahnya yang berlokasi di Seoul pada 11 November 2022.

Kakek 73 Tahun di Garut Ditemukan Tewas Mengenaskan, Kepala Hancur dan Usus Terurai

Petugas yang meninggal itu teridentifikasi dengan nama keluarganya Jeong, bertanggung jawab atas urusan intelijen di Kantor Polisi Yongsan, yang memegang yurisdiksi atas distrik hiburan Itaewon.

Kepala Kepolisian Korea Selatan Yoon Hee-keun dalam tragedi Itaewon

Photo :
  • Koreaboo
Pria Makan Seenaknya Bayar Semaunya di Warteg Jakpus Ditangkap, 1 Temannya Masih Buron

Pada tanggal 29 Oktober 2022, kerumunan yang mematikan di Itaewon merenggut ratusan nyawa, serta banyak korban luka. Setelah kejadian tersebut, beberapa saksi datang, mengklaim bahwa Kantor Polisi Yongsan telah diberitahu berkali-kali tentang kepadatan massa yang berbahaya di Itaewon beberapa jam sebelum tragedi fatal terjadi.

Sekitar sepuluh transkripsi panggilan darurat dipublikasikan minggu lalu yang menunjukkan bahwa tragedi itu dapat dicegah. Hal ini memicu kemarahan publik terhadap kelambanan polisi, yang merenggut ratusan nyawa.

Tarsum Mengaku Dapat Bisikan Gaib Mutilasi Istri, Polisi Ungkap Kondisinya Saat Ini

Penyidik menggerebek Kantor Polisi Yongsan bersama dengan stasiun pemadam kebakaran dan kantor otoritas setempat untuk mencari bukti yang dapat membuktikan kelalaian pejabat dalam menanggapi laporan lonjakan massa pada malam kejadian.

Komisaris Jenderal Polisi Nasional Korea Selatan, Yoon Hee Keun, menyatakan bahwa seorang kepala intelijen di stasiun Yongsan akan diselidiki karena memerintahkan untuk menghapus catatan dari malam tragedi itu. Diduga bahwa Jeong berusaha menutupi kelambanan stasiun Yongsan dengan menghapus laporan intelijen yang memperingatkan departemen kepolisian tentang kemungkinan krisis keamanan pada saat tragedi Itaewon.

Korban luka-luka tragedi Halloween di Itaewon, Seoul, Korea Selatan

Photo :
  • AP Photo/Lee Jin-man

Jeong dituduh atas penyalahgunaan wewenang, penghancuran bukti, dan kelalaian profesional yang mengakibatkan kematian. Jeong diskors pada Rabu, 9 November 2022. Dua hari kemudian, dia ditemukan tewas di rumahnya oleh seorang kerabat sekitar pukul 12:45 siang waktu setempat.

Menurut laporan, tidak ada catatan bunuh diri di tempat kejadian, tetapi dia menelepon rekan-rekannya pada hari sebelumnya, mengisyaratkan bunuh diri. Berdasarkan keadaan kematian Jeong, polisi kemungkinan besar akan menutup kasus tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya