Populasi Dunia Resmi Capai 8 Miliar Orang

Ilustrasi bumi
Sumber :
  • Pixabay/Steven Goddard

VIVA Dunia – Penduduk dunia kedelapan miliar telah lahir hari ini, menurut proyeksi oleh Divisi Populasi PBB

Terkuak, Warna Ini Bisa Memprediksi Keberadaan Alien

Populasi global telah mencapai delapan miliar, yang mana telah bertambah tiga kali lipat dari tahun 1950. Namun, meskipun ada lebih banyak orang di Bumi daripada sebelumnya karena kita hidup lebih lama, pertumbuhan populasi berada pada tingkat paling lambat dalam lebih dari 70 tahun terakhir.

Melansir Al Jazeera, pada tahun 2020 tingkat pertumbuhan penduduk global turun di bawah 1%. Hal ini sebagian besar disebabkan oleh penurunan angka kelahiran, dengan perempuan yang memiliki lebih sedikit anak karena meluasnya kontrasepsi dan pendidikan serta mobilitas yang lebih baik bagi perempuan dan anak perempuan.

Kinclong Sepanjang Hari, Nilai Transaksi Perdagangan Saham BUMI Capai Rp 412 miliar

Antonio Guterres, Sekretaris Jenderal PBB, mengatakan pernyataan mengenai populasi dunia yang telah mencapai delapan miliar: "Ini adalah kesempatan untuk merayakan keragaman kita, mengakui kemanusiaan kita bersama dan mengagumi kemajuan dalam kesehatan yang telah memperpanjang rentang hidup dan secara dramatis mengurangi angka kematian ibu dan anak." jelasnya. 

Ilustrasi bumi

Photo :
  • Pixabay/Steven Goddard
Berencana Kuasi Reorganisasi, BUMI Bakal Gelar RUPST dan RUPSLB

Namun dia menambahkan: "Pada saat yang sama, ini adalah pengingat tanggung jawab kita bersama untuk merawat planet kita dan momen untuk merenungkan di mana kita masih gagal memenuhi komitmen kita satu sama lain."

Populasi global juga semakin tua, 10% berusia di atas 65 tahun, dan ini akan meningkat menjadi 16% pada tahun 2050.

Pada tahun 2050 jumlah orang yang berusia di atas 65 tahun akan menjadi dua kali lipat dari mereka yang berusia di bawah lima tahun.

Dua wilayah dengan pertumbuhan tercepat di dunia adalah Asia Timur dan Tenggara, rumah bagi 2,3 miliar orang, dan Asia Tengah dan Selatan, yang berpenduduk 2,1 miliar orang.

China dan India adalah negara-negara terpadat di dunia, dengan masing-masing 1,4 miliar orang. Berdasarkan proyeksi PBB, India akan melampaui China untuk pertama kalinya tahun depan.

(ILUSTRASI) Keramaian Berwisata di Pantai saat Libur Lebaran

Photo :
  • ANTARA FOTO/Adeng Bustomi

Lebih dari separuh peningkatan yang diproyeksikan hingga tahun 2050 akan terkonsentrasi di delapan negara: Republik Demokratik Kongo, Mesir, Ethiopia, India, Nigeria, Pakistan, Filipina, dan Tanzania.

Negara-negara di sub-Sahara Afrika diharapkan memberikan kontribusi lebih dari setengah peningkatan yang diantisipasi hingga tahun 2050.

Peningkatan terbesar akan datang khususnya dari Republik Demokratik Kongo dan Tanzania, dengan kedua populasi berlipat ganda dalam 30 tahun ke depan.

Di tempat lain di Afrika, lonjakan terbesar akan terjadi di Nigeria, Ethiopia, dan Mesir. Di Asia, di luar India dan China, pertumbuhan terbesar akan terjadi di Pakistan dan Filipina.

Secara lebih umum, 46 negara terbelakang di dunia akan memiliki populasi dengan pertumbuhan tercepat antara saat ini hingga tahun 2050. Sebagian besar dari pertumbuhan ini (dua pertiga) akan didorong oleh apa yang telah terjadi, dan struktur populasi yang muda.

Namun, populasi dunia tumbuh lebih lambat, dalam beberapa dekade karena periode kesuburan rendah yang cukup lama. Lebih dari dua pertiga orang tinggal di negara di mana perempuan memiliki 2 atau 1 anak atau bahkan kurang. 

Ilustrasi planet bumi/dunia

Photo :
  • ohmygov.net

Ini kira-kira tingkat yang akan menghasilkan pertumbuhan nol jiwa di seluruh dunia. Populasi 61 negara akan berkurang 1% atau lebih antara sekarang dan 2050, baik karena penurunan tingkat kelahiran atau peningkatan tingkat migrasi.

Perang di Ukraina berdampak besar pada ukuran populasinya, dengan proyeksi yang menunjukkan negara itu akan kehilangan lebih dari 20% populasinya pada tahun 2050.

Empat negara Eropa tengah dan timur lainnya, Bulgaria, Latvia, Lituania, dan Serbia, akan mengalami penurunan populasi yang serupa dalam tiga dekade mendatang.

Populasi global akan terus tumbuh, menjadi sekitar 8,5 miliar orang pada tahun 2030 dan 9,7 miliar pada tahun 2050. Ini akan mulai mencapai puncaknya pada sekitar 10,4 miliar orang pada tahun 2080-an dan tetap pada level tersebut hingga tahun 2100.

Australia, Selandia Baru, Oseania lainnya, Afrika Utara, dan Asia Barat masih akan terus bertambah populasinya pada akhir abad ini. Tetapi bagian dunia lainnya, termasuk Eropa dan Amerika Utara, akan mencapai puncaknya dan mulai menurun sebelum tahun 2100.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya