Rudal Rusia Hantam Polandia, Biden Gelar Rapat Dadakan G7 di Bali

Presiden AS Joe Biden bersama pemimpin G7 dan NATO gelar pertemuan di Bali
Sumber :
  • Via AP

VIVA Dunia – Presiden Amerika Serikat (AS)Joe Biden mengadakan pertemuan darurat dengan pemimpin negara G7 dan para pemimpin NATO di Indonesia, Rabu pagi, untuk membahas rudal Rusia jatuh di Polandia yang menewaskan dua orang. Diketahui, Polandia merupakan negara sekutu NATO.

Dapat Duit Rp989 Triliun dari AS, Presiden Ukraina Langsung Tulis di Sosmed: Terima Kasih AS

Dilansir Associated Press, Rabu, 16 November 2022, Biden yang tengah berada di Indonesia untuk KTT G20, dibangunkan semalam oleh staf terkait berita ledakan rudal Rusia di Polandia, langsung menelepon Presiden Polandia Andrzej Duda Rabu pagi untuk menyatakan belasungkawa yang mendalam atas hilangnya nyawa. 

Presiden AS Joe Biden menelpon Presiden Polandia merespons rudal Rusia

Photo :
  • Adam Schultz/The White House via AP
5 Roket dari Irak Hantam Pangkalan Militer Amerika di Suriah

Biden berjanji di Twitter "Dukungan penuh AS untuk dan membantu penyelidikan Polandia," dan "menegaskan kembali komitmen kuat Amerika Serikat terhadap NATO."

Biden langsung menggelar pertemuan di meja bundar besar di sebuah ballroom di hotelnya dengan menjamu para pemimpin G7, yang meliputi Kanada, Prancis, Jerman, Italia, Jepang, Inggris, dan Uni Eropa. Hadir pula presiden dari Uni Eropa, perdana menteri sekutu NATO Spanyol dan Belanda.

Wow! AS Beri Bantuan Rp340 Triliun ke Israel dan Rp989 Triliun ke Ukraina

Biden menolak berbicara kepada wartawan yang bertanya apakah dia akan memberikan informasi terbaru tentang situasi di Polandia.

Sebuah pernyataan dari Kementerian Luar Negeri Polandia mengidentifikasi rudal itu dibuat di Rusia. Namun Presiden Polandia, Duda, masih berhati-hati tentang asal usulnya, dengan mengatakan bahwa para pejabat tidak tahu pasti siapa yang mengirimkan rudal tersebut ke wilayahnya.

VIVA Militer: Dampak serangan rudal Rusia di Przewodow, Polandia

Photo :
  • cnn.com

Dia hanya mengatakan "kemungkinan besar" buatan Rusia, tapi itu masih diverifikasi. Jika dikonfirmasi, itu akan menjadi pertama kalinya sejak invasi Ukraina senjata Rusia jatuh di negara NATO.

Aliansi NATO memiliki prinsip bahwa serangan terhadap satu anggota adalah serangan terhadap mereka semua.

Sebelumnya diberitakan, sebuah rudal Rusia menghantam sebuah desa di Polandia, Przewodow, Provinsi Lublin, Selasa 15 November 2022. Serangan rudal itu membunuh dua orang warga sipil yang tinggal di wilayah tenggara Polandia. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya