NATO dan Polandia Tetap Salahkan Moskow Atas Rudal yang Jatuh di Desanya, Meski Bukan Milik Rusia

Polisi mengamankan TKP ledakan rudal diduga buatan Rusia di Przewodow, Polandia
Sumber :
  • AP Photo/Michal Dyjuk

VIVA Dunia – Rudal buatan Rusia, yang menghantam desa Polandia dekat perbatasan dengan Ukraina, pada Selasa 15 November 2022, dan menewaskan dua orang, meningkatkan momok bentrokan NATO dan Rusia. 

Harga Diri Apple sedang Dipertaruhkan

Timbul kekhawatiran bahwa Rusia telah menyerang Polandia, baik dengan sengaja atau dengan rudal nyasar. Namun pada hari Rabu 16 November 2022, Warsawa dan NATO mengatakan ledakan itu kemungkinan merupakan "kecelakaan yang tidak menguntungkan" yang disebabkan oleh rudal pertahanan udara Ukraina yang diluncurkan untuk mencegat rentetan rudal Rusia.

Meski begitu, NATO dan Polandia menyatakan bahwa Moskow pada dasarnya bertanggung jawab atas insiden tersebut, karena serangannya terhadap Ukraina. Warsawa juga tidak secara pasti mengesampingkan "provokasi" oleh Rusia. Baik Kiev maupun Moskow membantah bertanggung jawab atas rudal itu.

5 Negara Pemegang Hak Veto di PBB, Keputusan Internasional Ada di Tangan Mereka

VIVA Militer: Dampak serangan rudal Rusia di Przewodow, Polandia

Photo :
  • cnn.com

Melansir Aljazeera, Kamis 17 November 2022, insiden terjadi ketika Rusia menembakkan setidaknya 12 kota di seluruh Ukraina dengan puluhan rudal pada hari Selasa, terutama menargetkan infrastruktur energi dan menyebabkan pemadaman terhadap jutaan orang.

Rusia Makin Gencar Menyerang, AS Janji Secepatnya Akan Kirim Senjata ke Ukraina

Ancaman eskalasi perang yang serius membuat China dan Amerika Serikat bersama-sama mengutuk ancaman kekuatan nuklir di sela-sela KTT G20 di Indonesia.

“Presiden AS Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping menegaskan kembali kesepakatan mereka bahwa perang nuklir tidak boleh dilakukan dan tidak akan pernah bisa dimenangkan, dan menggarisbawahi penentangan mereka terhadap penggunaan atau ancaman penggunaan senjata nuklir di Ukraina, kata pembacaan Gedung Putih.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya