Rudal Mendarat di ZEE Jepang, PM Fumio Kishida Kecam Korut

PM Jepang, Fumio Kishida.
Sumber :
  • Nikkei Asia

VIVA Dunia – Perdana Menteri JepangFumio Kishida, pada Jumat 18 November 2022, mengecam Korea Utara karena menembakkan rudal balistik yang mendarat di dalam zona ekonomi eksklusif (ZEE) negaranya. Rudal tersebut, menurut Penjaga Pantai Jepang, mendarat di posisi kira-kira berjarak 210 kilometer dari sebuah pulau di utara Hokkaido.

Toyota Starlet Bakal Dihidupkan Lagi sebagai Mobil Listrik, Begini Tampangnya?

"Kami secara alami mengajukan protes keras terhadap Korea Utara, yang telah mengulangi provokasinya dengan frekuensi yang belum pernah terjadi sebelumnya," kata Kishida kepada wartawan di Thailand.

Kishida sedang menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (KTT APEC). Pidato Kishida disiarkan langsung di Jepang. "Kami telah memberi tahu (Pyongyang) bahwa kami benar-benar tidak dapat mentolerir tindakan seperti itu," ujar Kishida.

Kota Ini Sahkan Undang-undang yang Izinkan Guru Bawa Senjata Api ke Sekolah

VIVA Militer: Uji coba rudal balistik jarak pendek Korea Utara (Korut)

Photo :
  • asia.nikkei.com

Korea Utara menembakkan setidaknya satu rudal balistik, kata militer Korea Selatan pada Jumat, merupakan peluncuran rudal keduanya dalam beberapa hari. Kepala Staf Gabungan Korea Selatan melaporkan peluncuran rudal itu tetapi belum menjelaskan mengenai jenis atau jangkauan rudal tersebut.

Presiden Raeisi Ancam Lenyapkan Israel Jika Berani Gempur Iran

Sehari sebelumnya, Korea Utara menembakkan rudal balistik saat memperingatkan akan adanya "tanggapan militer yang lebih keras" terhadap upaya Amerika Serikat untuk meningkatkan kehadiran keamanannya di kawasan itu dengan para sekutunya. Korea Utara juga telah menembakkan ratusan peluru artileri ke laut baru-baru ini saat Korea Selatan dan Amerika Serikat mengadakan latihan militer bersama, yang beberapa di antaranya melibatkan Jepang. (Ant/Antara)

Sejumlah pengendara kendaraan bermotor mengalami kemacetan lalu lintas di Tol Dalam Kota dan Jalan MT Haryono, Pancoran, Jakarta, Senin (18/5/2020).

8 Negara dengan Penurunan Tercepat di Asia

Seringkali, negara di Asia mengalami fluktuasi yang signifikan dalam berbagai indikator kunci seperti pertumbuhan ekonomi, kesejahteraan sosial, dan stabilitas politik.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024