Prancis Ajak RI Kerja Sama Industri Militer dan Satelit Ruang Angkasa

Menteri Keuangan Sri Mulyani bersama Menteri Ekonomi dan Keuangan Prancis Bruno Le Maire.
Sumber :
  • Instagram.

VIVA Dunia – Menteri Ekonomi dan Keuangan Prancis Bruno Le Maire, mengajak RI untuk memperkuat kerja sama bilateral strategis. Beberapa kerja sama itu diantaranya, industri militer dan satelit ruang angkasa.

Citra Satelit Tunjukkan Ribuan Tenda Dekat Khan Younis, Israel Bersiap Serang Rafah

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, ajakan itu didapatnya di sela-sela pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20, yang berlangsung di Bali, pada 15-16 November 2022.

"Menteri @brunolemaire mengajak Indonesia untuk memperkuat kerja sama bilateral strategis, seperti dalam industri militer, satelit ruang angkasa dan dukungan fasilitas pembiayaannya, serta kerja sama di sektor pertambangan," kata Sri Mulyani dalam Instagramnya, Jumat 18 November 2022.

Demi Warga, Perwira Pasukan Naga Hitam TNI Berjibaku Lawan Ular Raksasa di Semak Perbatasan Negara

Merespons hal tersebut bendahara negara ini mengatakan, dia mengapresiasi atas ajakan kerja sama tersebut. Sri Mulyani mengatakan, Indonesia saat ini juga tengah membangun industri hilirisasi.

Menkeu Sri Mulyani.

Photo :
  • Anisa Aulia/VIVA.
Mayjen TNI Anton Resmi Jabat Panglima Divisi Infanteri 2 Kostrad Gantikan Mayjen Haryanto

"Saya mengapresiasi tawaran kerja sama ini. Indonesia saat ini tengah membangun industri hilirisasi pertambangan dan mineral untuk ekonomi Indonesia yang lebih kuat dan independen," ujarnya.

Sri Mulyani mengatakan, Perancis merupakan negara yang mampu membangun industrinya secara berimbang dengan mengadopsi pendekatan kemitraan.

"Saya berharap Indonesia bisa belajar dari kesuksesan ini dan dapat menerapkannya, terutama untuk mendorong transisi energi," jelasnya.

Sementara itu, untuk keanggotaan Indonesia di Financial Action Task Force (FATF), Sri Mulyani, berharap mendapat dukungan dari Bruno. "Saya harapkan dukungan dari Menteri @brunolemaire Perancis agar Indonesia dapat segera mewujudkan integritas sistem keuangan, yang sangat penting dalam mendukung iklim investasi Indonesia," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya