Jokowi Paparkan 2 Sektor Prioritas Pendorong Pemulihan Ekonomi Global

Presiden Jokowi dalam pertemuan pemimpin APEC di Bangkok
Sumber :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

VIVA Dunia Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengemukakan dua sektor prioritas yang bisa mendorong upaya pemulihan ekonomi global. Hal tersebut disampaikan saat berbicara pada Dialog Informal Pemimpin APEC dengan sejumlah undangan di Queen Sirikit National Convention Center, Bangkok, Jumat pagi 18 November 2022.

Sidang Sengketa Pilpres di MK, Bawaslu Sebut Jokowi Bagi-bagi Bansos Tak Langgar Netralitas

“Pertama, membangun rantai pasok yang lebih resilien. Rantai pasok pangan dan energi perlu dijaga. Sumber alternatif, rute dan hub logistik baru perlu didukung investasi baru,” ucap Jokowi dalam keterangannya Jumat.

Presiden Jokowi dalam pertemuan pemimpin APEC di Bangkok

Photo :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden
Gus Miftah Curiga Jokowi Pilih Bahlil Lahadalia Jadi Menteri Karena Lucu, Bukan Prestasi

Hilirisasi, menurut Jokowi menjadi kunci agar negara berkembang dapat menjadi bagian rantai pasok melalui produksi barang yang memiliki nilai tambah bukan hanya sebagai sumber bahan baku. Lebih lanjut, kata Jokowi, hal lain yang penting untuk mendukung pembangunan rantai pasok adalah pembangunan infrastruktur. Menurut ADB, kebutuhan pembiayaan infrastruktur negara berkembang di Asia mencapai 1,7 trilyun dolar AS per tahun. “APEC perlu memobilisasi pembiayaan infrastruktur,” kata Jokowi.

Hal kedua sektor prioritas yang disampaikan Presiden Jokowi yaitu kerja sama industri kreatif sebagai sumber pertumbuhan baru. Menurut UNESCO, sektor kreatif dan budaya menyumbang 3,1% PDB global dan 6,2% lapangan kerja.

Jokowi Tegaskan Freeport Bukan Milik Amerika Lagi, tapi Indonesia

“Ekonomi kreatif adalah sektor masa depan dan pilar pertumbuhan inklusif karena mendobrak batas geografis, gender, etnis, strata ekonomi dan mendorong pencapaian SDGs,” jelas Jokowi.

Oleh karena itu, Jokowi mendorong APEC mendukung industri kreatif termasuk pariwisata agar lebih resilien termasuk lewat transformasi digital dan pembangunan sumber daya manusia.

Presiden Jokowi dalam pertemuan pemimpin APEC di Bangkok

Photo :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

Di akhir intervensinya, Presiden Jokowi kembali menegaskan semangat kolaborasi untuk merubah krisis sebagai momentum untuk pulih dan menjadi lebih kuat. “Pada akhirnya pemulihan yang inklusif, hijau, dan berkelanjutan adalah tujuan akhir kita. Perdagangan dan investasi adalah jembatan kita,” pungkas Presiden Jokowi.

Selain pemimpin ekonomi APEC, hadir pula dalam pertemuan tersebut sejumlah pemimpin ekonomi di luar APEC yang diundang antara lain Presiden Prancis Emmanuel Macron dan Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya