Pria Ini Didakwa Sebagai Teroris karena Rencanakan Kudeta untuk Pemerintahan di Haiti

Jovenel Moise, juragan pisang yang berhasil menjadi Presiden Haiti.
Sumber :
  • Al Jazeera

VIVA Dunia – Polisi federal Kanada telah mendakwa seorang pria di provinsi Quebec dengan tuduhan "terorisme" atas dugaan rencana untuk menggulingkan pemerintahan Presiden Haiti Jovenel Moise yang terbunuh.

Diduga Terganggu, Komika Usir Ibu Menyusui dan Bayinya saat Pertunjukkan

Melansir dari Aljazeera, polisi Kanada mengatakan pada hari Kamis bahwa Gerald Nicolas yeng berumur 51 tahun dari kota Levis dekat Kota Quebec "berencana untuk melakukan revolusi bersenjata di Haiti dan merebut kekuasaan".

Haiti

Photo :
  • REUTERS/Andres Martinez Casares/WSJ/djo
Hakim Geram ke Saksi di Sidang Korupsi Tol MBZ: Proyek Triliunan Gini kok Main-main

"Diduga dia mengambil tindakan nyata, termasuk melakukan perjalanan ke Haiti untuk mengoordinasikan sekelompok individu yang berniat mengambil bagian dalam kudeta terhadap otoritas yang ada," kata pernyataan polisi.

Kepolisian tidak mengatakan secara pasti kapan tersangka melakukan perjalanan ke Haiti atau kapan dugaan komplotan itu terjadi, tetapi mengatakan penyelidikannya, yang dimulai pada Juli 2021, tidak terkait dengan pembunuhan Moise pada bulan yang sama.

5 Polisi di Kolaka Ditangkap karena Keroyok Warga hingga Babak Belur, Kapolres Minta Maaf

Pemimpin Haiti itu dibunuh pada 7 Juli 2021 oleh sekelompok tentara bayaran yang menyerbu rumahnya di ibu kota Haiti, Port-au-Prince. Pembunuhan itu mengirimkan gelombang kejutan ke seluruh dunia dan mendorong negara Karibia itu, yang sudah menghadapi kekacauan politik, ke dalam ketidakstabilan yang lebih dalam.

Lebih dari setahun kemudian, Haiti terhuyung-huyung akibat kekerasan yang melonjak saat geng-geng bersenjata berjuang untuk menguasai wilayah-wilayah utama dalam kekosongan politik yang diciptakan oleh pembunuhan Moise.

Sementara itu, penyelidikan Haiti atas pembunuhan itu tampaknya terhenti.

Puluhan orang telah ditangkap dalam penyelidikan yang sedang berlangsung, termasuk beberapa warga negara Kolombia, tetapi prosesnya berjalan lambat dan masih banyak pertanyaan dan teori mengapa Moise dibunuh.

Departemen Kehakiman Amerika Serikat menuduh bahwa sekelompok orang Kolombia yang terdiri dari sekitar 20 orang dan sekelompok orang Amerika Haiti berpartisipasi dalam plot yang, meskipun awalnya berfokus pada penculikan Moise dalam operasi penangkapan yang diklaim, "akhirnya menghasilkan rencana untuk membunuh presiden".

AS telah mendakwa tiga pria sehubungan dengan pembunuhan tersebut, menuduh mereka sebagai anggota komplotan tersebut.

“Kedutaan Besar Port-au-Prince memperkirakan pihak berwenang Haiti telah menahan sekitar 74 tersangka selama penyelidikan; sekitar 42 tetap dalam penahanan pra-sidang,” kata laporan itu, yang dirilis bulan ini.

Jovenel Moise, juragan pisang yang berhasil menjadi Presiden Haiti.

Photo :
  • Al Jazeera

Departemen Luar Negeri mengatakan hakim kelima ditunjuk untuk memimpin penyelidikan Haiti pada bulan Mei tetapi "hakim investigasi yang ditugaskan untuk kasus ini dan tokoh terkait telah melaporkan ancaman terhadap keselamatan mereka untuk menangani kasus tersebut".

“Berbagai pembobolan di kantor hakim investigasi menghasilkan bukti yang dirusak, semakin menghambat penyelidikan,” tambahnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya