Gempa 5,9 Magnitudo Guncang Turki, Merusak Bangunan dan 35 Orang Terluka

Ilustrasi - Seismograf, alat pencatat getaran gempa.
Sumber :
  • ANTARA

VIVA Dunia – Gempa berkekuatan magnitudo 5,9 melanda sebuah kota di barat laut Turki Rabu pagi, 23 November 2022, menyebabkan kerusakan pada beberapa bangunan, dan kepanikan yang meluas. Sekitar 35 orang terluka, sebagian besar saat mencoba melarikan diri dari rumah.

Jayabaya Ramal Kemunculan Gempa Besar hingga Renggut Korban Jiwa, Begini Terjemahannya

Gempa berpusat di kota Golkaya, di provinsi Duzce, sekitar 200 kilometer (125 mil) timur Istanbul, kata Kepresidenan Manajemen Bencana dan Darurat. Gempa terjadi pada pukul 04:08 (01:08 GMT) dan dirasakan di Istanbul, di ibu kota Ankara dan bagian lain di wilayah tersebut.

Melansir AP, lebih dari 10 kali gempa susulan dilaporkan, termasuk satu gempa berkekuatan 4,3. Gempa tersebut membangunkan orang-orang dari tidurnya, dan banyak yang bergegas keluar dari gedung-gedung dengan panik.

Jokowi Resmikan 147 Bangunan yang Direhabilitasi Pasca Gempa di Sulawesi Barat

Sedikitnya 35 orang dirawat di rumah sakit karena luka-luka, termasuk karena melompat dari balkon atau jendela. Salah satunya dalam kondisi serius, kata Menteri Dalam Negeri Suleyman Soylu kepada televisi swasta NTV. Listrik diputus di wilayah itu sebagai tindakan pengamanan, kata menteri.

Gempa menghancurkan kelongsong luar dan sebagian atap gedung pengadilan di Duzce, lapor televisi HaberTurk. Di antara kerusakan lainnya, sebuah toko berlantai dua ambruk di jalan sempit, katanya.

Viral Imam Masjid di Turki Ajak Main Anak-anak di Masjid, Warganet: di Indo Mah Boro-boro
Sekolah rusak akibat gempa magnitudo 6,2 yang mengguncang Sulawesi Barat

Sekolah Rentan Bencana Capai 57 Persen, Kemendikbud: Waspada!

Di Indonesia, terdapat lebih dari 500 ribu sekolah dengan jumlah peserta didik mencapai lebih dari 60 juta, serta lebih dari 5 juta pendidik dari 2,5 juta ruang kelas.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024