Selain Libur Nasional, Raja Arab Saudi Juga Gratiskan Taman Hiburan Selama Satu Hari

Fans Arab Saudi rayakan kemenangan kesebelasan Arab Saudi lawan Argentina
Sumber :
  • The Arab News

VIVA Dunia – Pemimpin Arab Saudi, Raja Salman mengumumkan hari libur umum di Arab Saudi pada hari Rabu untuk menandai kemenangan tim Arab Saudi dengan skor 2-1 menakjubkan atas tim Lionel Messi, yaitu Argentina di Piala Dunia 2022.

Alasan Negara Arab Lebih Pilih Dukung Israel daripada Iran, Khawatir Perang Makin Luas

Selain memberikan libur nasional, Penasihat Kerajaan Saudi, Turki Al Sheikh, mengumumkan warga bisa masuk dengan gratis ke taman hiburan utama atau pusat-pusat hiburan yang disponsori negara, melansir Arab News, Rabu 23 November 2022.

Hari libur itu berlaku untuk semua karyawan di sektor publik dan swasta, serta semua siswa di Arab Saudi. "Raja memerintahkan bahwa besok, Rabu, menjadi hari libur bagi semua karyawan di sektor publik dan swasta, serta siswa laki-laki dan perempuan di semua tingkat pendidikan."

Houthi: Arab Saudi Ingin Hapus Ayat Al Quran dari Buku Pelajaran untuk Menenangkan Tuntutan Zionis

Selain itu, bursa saham Saudi akan ditutup dan baru dibuka kembali pada Kamis esok hari, 24 November 2022. 

Manajer Arab Saudi, Herve Renard

Photo :
  • Twitter: Manajer Arab Saudi, Herve Renard
Setelah Dubai, Hujan Ekstrem Diprakirakan Akan Landa Arab Saudi

Berita kemenangan juga menjadi perhatian Putra Mahkota Mohammed bin Salman (MBS), yang merekomendasikan perintah kerajaan, kata media pemerintah. Pangeran Mohammed tidak terlihat pada pertandingan tersebut tetapi berada di depan dan tengah pada pembukaan turnamen pada hari Minggu.

Salah satu saudara laki-laki Pangeran Mohammed, Pangeran Saud, memposting gambar di Instagram yang menunjukkan putra mahkota bersujud syukur kepada Tuhan di sebuah ruangan di mana saudara laki-lakinya yang lain, Menteri Energi Pangeran Abdulaziz, juga hadir, terlihat memegang bendera Saudi dan berdiri di samping dengan sebuah senyuman yang merekah

Itu juga merupakan momen manis bagi tuan rumah Qatar, yang menghadapi kritik tajam atas hak asasi manusia di negara Muslim konservatif itu. Emir Qatar mengibarkan bendera Saudi di pundaknya pada pertandingan tersebut. Pencakar langit Doha menampilkan "Congratulations Greens" atau "Selamat atas Kemenangan Hijau".

Fans Arab Saudi rayakan kemenangan kesebelasan Arab Saudi lawan Argentina

Photo :
  • The Arab News

Pada pencarian kelima dan terakhirnya untuk satu-satunya trofi besar yang lolos, Messi, mencetak penalti pada menit ke-10 dalam penampilan dominan babak pertama oleh Argentina pada hari Selasa di mana ia dan Lautaro Martinez juga mencetak tiga gol yang dianulir karena offside.

Tapi Arab Saudi, tim peringkat kedua terendah di turnamen, setelah Ghana, berhati-hati pada awal babak kedua, menyerang pertahanan Argentina di depan 88.012 penonton yang meriah dan menggila.

Sebuah stasiun televisi Saudi menunjukkan antrean panjang mobil dengan wanita berkerudung berdiri di sunroof mobil yang terbuka sambil melambai-lambaikan bendera Arab Saudi. Merayakan tim sepakbola mereka, memberi tanda kemenangan.

Gravitasi kemenangan akhirnya akan meresap. Arab Saudi adalah tim yang hanya memenangkan tiga pertandingan Piala Dunia dalam sejarahnya sebelum pertandingan Selasa. "Satu untuk buku," kata pelatih Arab Saudi, Hervé Renard. "Terkadang hal-hal benar-benar gila."

Penjaga gawang Mohammed Alowais, yang melakukan dua penyelamatan kunci di akhir pertandingan untuk mempertahankan kemenangan di Stadion Lusail di utara Doha, hampir takluk pada akhirnya, mungkin tidak memahami besarnya kekecewaan tersebut.

Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman (MBS) menonton laga timnas Saudi

Photo :
  • Al Arabiya

"Saya sangat senang dengan hasil yang kami peroleh melawan tim yang sangat terkenal ini," kata Alowais dengan sungguh-sungguh. "Kami telah mempersiapkan diri. Kami 100% siap dan mudah-mudahan kami akan mendapatkan hasil yang lebih baik di masa depan. Saya merasa kami sangat baik di menit-menit terakhir karena kami mengamankan tiga poin kami." lanjutnya. 

Tidak hanya di menit-menit terakhir. Meski tertinggal 1-0 di babak pertama, Saleh Alshehri dan Salem Aldawsari berhasil mencetak gol masing-masing di awal babak kedua. Kemudian datang lebih dari 50 menit, termasuk waktu tambahan di akhir pertandingan atas kebijakan wasit, menahan salah satu favorit turnamen.

"Semua bintang mendukung kami," kata Renard, yang memenangkan Piala Afrika sebagai pelatih Zambia pada 2012 dan kemudian bersama Pantai Gading pada 2015.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya