Aksi Protes Terjadi di Pabrik Terbesar iPhone di China

Unjuk rasa di pabrik iPhone terbesar di dunia, di kota Zhengzhou, China.
Unjuk rasa di pabrik iPhone terbesar di dunia, di kota Zhengzhou, China.
Sumber :
  • AP Photo.

VIVA Dunia – Menurut rekaman yang beredar secara online, aksi protes memuncak di pabrik iPhone terbesar di dunia, di kota Zhengzhou, China. Video menunjukkan adanya ratusan pekerja yang berbaris.

Dalam video tersebut juga terlihat beberapa pakaian hazmat dan polisi anti huru hara yang menghadang para pemrotes. Mereka yang menyiarkan langsung protes tersebut mengatakan para pekerja dipukuli oleh polisi. Dalam video juga menunjukkan adanya bentrokan antara pekerja dan pihak berwenang.

Melansir dari BBC, Kamis, 24 November 2022, produsen Foxconn mengungkapkan pihaknya akan bekerja dengan staf dan pemerintah daerah untuk mencegah adanya kekerasan lebih lanjut. Dalam pernyataannya, perusahaan mengatakan beberapa pekerja meminta kejelasan mengenai pembayaran, tetapi perusahaan akan memenuhi pembayaran berdasarkan kontrak.

Pekerja Foxconn

Pekerja Foxconn

Photo :
  • Foxconn

Perusahaan juga mengatakan adanya desas-desus yang tidak benar bahwa pekerja baru diminta untuk berbagi asrama dengan pekerja yang dinyatakan positif COVID-19. "Asrama didesinfeksi dan diperiksa oleh pejabat setempat sebelum orang baru pindah," kata Foxconn.

Sebelumnya, pada bulan lalu, meningkatnya kasus corona membuat tempat tersebut dikunci, dan mendorong beberapa pekerja mengundurkan diri. Namun, perusahaan kemudian merekrut pekerja baru dengan janji bonus besar.

Rekaman yang dibagikan di situs streaming langsung menunjukkan para pekerja berteriak seperti, "Pertahankan hak kami! Pertahankan hak kami!" Pekerja lain terlihat menghancurkan kamera pengintai dan jendela dengan tongkat.

Halaman Selanjutnya
img_title