Sah! Anwar Ibrahim Jadi Perdana Menteri Malaysia ke-10

Anwar Ibrahim diangkat sebagai Perdana Menteri Malaysia ke-10
Sumber :
  • FB Anwar Ibrahim

VIVA Dunia  – Anwar Ibrahim telah dilantik sebagai Perdana Menteri ke-10 Malaysia.

Jokowi Sempat Malu karena Indonesia Belum Jadi Anggota Penuh FATF

Dalam pengambilan sumpah jabatan di Istana Negara pada Kamis 24 November 2022 pukul 17.00 waktu setempat Ketua Pakatan Harapan mengambil sumpah jabatan di hadapan Yang di-Pertuan Agong Al-Sultan Abdullah Ri'ayatuddin Al-Mustafa Billah Shah, melansir dari The Star.

Anwar Ibrahim, Kamis 24 November 2022, telah ditunjuk sebagai perdana menteri baru negara itu, setelah beberapa hari mengalami kebuntuan pascapemilu.

Tersangka Penembakan di Bandara Kuala Lumpur Coba Kabur dari Malaysia dengan Identitas Palsu

Pemimpin baru Malaysia itu ditunjuk oleh Raja Sultan Abdullah, setelah pemilu pada akhir pekan menghasilkan parlemen yang terpecah-pecah. Baik Anwar maupun mantan perdana menteri Malaysia, Muhyiddin Yassin, tidak memenangkan kursi mayoritas parlemen yang diperlukan untuk membentuk pemerintahan.

Sebelumnya, pada GE15 (pilihan raya umum ke-15), tidak ada pihak yang mampu mengamankan mayoritas partai untuk membentuk Pemerintah Federal yang baru.

'Pemimpin Rambut Putih' Sowan ke Jokowi di Istana Negara Pagi Ini

Tiga koalisi utama, yaitu Pakatan Harapan, Perikatan Nasional dan Barisan Nasional masing-masing meraih 82, 73 dan 30 kursi dan menghasilkan parlemen yang menggantung.

Partai politik dan koalisi gagal mencapai konsensus setelah berakhirnya GE15.

Pertemuan khusus diadakan pada pukul 11:00 hari ini, di antara para penguasa Melayu.

Pertemuan khusus tersebut diadakan untuk memungkinkan Yang di-Pertuan Agong untuk meminta pendapat rekan-rekan penguasa tentang pembentukan pemerintahan baru.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya