Muhyiddin Yassin Ancam Mosi Tidak Percaya ke PM Malaysia Anwar Ibrahim

Ketua Perikatan Nasional Muhyiddin Yassin merespons pelantikan Anwar Ibrahim
Sumber :
  • FB Muhyiddin Yassin

VIVA Dunia – Ketua Perikatan Nasional, Muhyiddin Yassin menantang Perdana Menteri Malaysia yang baru dilantik, Anwar Ibrahim, untuk menunjukkan bahwa dia mendapat dukungan mayoritas dari anggota parlemen.

Kerja Sama Agroteknologi dengan Kerajaan Negeri Pulau Pinang Malaysia, Dave Laksono Sambut Baik

Diketahui, pemilihan umum ke-15 di Malaysia yang digelar Sabtu, 19 November 2022, berlangsung sengit. Berdasarkan hasil penghitungan suara, pemilu tersebut menghasilkan parlemen yang menggantung tanpa pemenang yang jelas. 

Tidak ada partai yang berhasil memperoleh lebih dari 50 persen parleman. Tiga koalisi utama, yaitu Pakatan Harapan, Perikatan Nasional, dan Barisan Nasional, masing-masing memenangkan 82, 73, dan 30 kursi. Tidak ada yang melewati ambang batas menguasai 112 kursi parlemen. 

Kaleng Susu Isi 16 Kg Sabu dari Malaysia Masuk Indonesia Lewat Kaltara Digagalkan

Anwar Ibrahim resmi dilantik sebagai Perdana Menteri Malaysia

Photo :
  • FB Anwar Ibrahim

Muhyiddin mendesak Anwar Ibrahim  bisa menunjukkan bahwa ia memiliki dukungan yang cukup melalui deklarasi undang-undang (SD). Sebab, Muhyiddin mengklaim dirinya mendapat dukungan 115 anggota parlemen, termasuk 10 anggota parlemen Barisan Nasional.

Ternyata Ada 3 Tentara Wanita Malaysia yang Tewas dalam Kecelakaan Helikopter

"Demi kepercayaan rakyat, Anwar harus membuktikan bahwa dia mendapat dukungan mayoritas anggota Dewan Rakyat," katanya dalam konferensi pers, Kamis, 24 November 2022, dilansir The Star.

Muhyiddin yang didampingi Presiden PAS Tan Sri Abdul Hadi Awang, Presiden Gerakan Datuk Dr Dominic Lau, dan para pemimpin Perikatan lainnya, mengatakan pada 20 November - sehari setelah berakhirnya Pemilihan Umum ke-15 - Ketua Dewan Rakyat telah menulis surat kepada semua presiden partai untuk menyebutkan calon mereka untuk jabatan Perdana Menteri.

Ia menambahkan, calon yang akan dicalonkan adalah orang yang menurut ketua partai mendapat dukungan mayoritas dari parlemen.

Perdana Menteri Malaysia Tan Sri Muhyiddin Yassin

Photo :
  • ANTARA/Agus Setiawan

Pada hari yang sama, Ia juga mengirimkan surat kepada presiden partai untuk meminta nama diajukan bersama dengan pernyataan undang-undang untuk ketua partai yang mereka pilih untuk menjadi Perdana Menteri ke-10.

Perikatan kemudian mengirimkan surat melalui Sekjen PAS, Ketua Gabungan Parti Sarawak (GPS) dan Ketua Gabungan Rakyat Sabah (GRS) serta Presiden Parti Kesejahteraan Demokratik Malaysia (KDM) untuk menyampaikan niat membentuk pemerintahan bersama di bawah koalisi Perikatan Nasional.

Muhyiddin mengklaim sudah mengantongi 115 kursi parlemen yang kemudian diserahkan Perikatan Nasional ke Istana Negara pada Senin, 21 November 2022 pukul 13.28 waktu setempat, lebih cepat dari batas waktu yang diberikan Istana.

Ia menambahkan, 115 kursi parlemen yang dia kirimkan ke Istana termasuk 10 kursi parlemen dari Barisan Nasional. Belakangan, 10 anggota parlemen Barisan Nasional menarik dukungan mereka kepada Muhyiddin sebagai perdana menteri.

"Saya percaya pada saat itu, saya menikmati kepercayaan mayoritas dari anggota Dewan Rakyat," kata Muhyiddin.

Seorang wanita memberikan suaranya dalam Pemilu Malaysia.

Photo :
  • AP Photo/Vincent Thian

Ditanya apakah dia akan mengajukan mosi tidak percaya terhadap Anwar Ibrahim ketika parlemen Malaysia bersidang, Muhyiddin mengatakan bahwa dia akan mengizinkan Anwar Ibrahim untuk menunjukkan bukti bahwa dia dipilih mayoritas parlemen.

"Kita tunggu dan lihat," kata Muhyiddin.

Sebelumnya, Datuk Seri Anwar Ibrahim dilantik sebagai Perdana Menteri Malaysia ke-10 di hadapan Yang di-Pertuan Agong Al-Sultan Abdullah Ri'ayatuddin Al-Mustafa Billah Shah.

Ketua Pakatan Harapan itu mengambil sumpah jabatannya di hadapan Raja pada Kamis sore, 24 November 2022, pukul 17.00 di Istana Negara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya