Jepang: China Tingkatkan Kemampuan Operasi Militer 'Zona Abu-abu'

VIVA Militer: Kapal Penjaga Pantai (Coast Guard) China
VIVA Militer: Kapal Penjaga Pantai (Coast Guard) China
Sumber :
  • South China Morning Post

VIVA Dunia – Militer China meningkatkan kemampuan melakukan tindakan agresif operasi "zona abu-abu" yang bagaimana pun gagal dalam melakukan serangan bersenjata di perairan yang diperebutkan dengan Jepang.

Hal itu disampaikan oleh lembaga kajian Kementerian Pertahanan Jepang pada Jumat 25 November 2022, melansir dari Antaranews, Minggu 27 November 2022.

Partai Komunis China telah memperkuat angkatan bersenjata dan organisasi non-militernya melalui restrukturisasi dan reformasi di bawah kepemimpinan Presiden Xi Jinping, kata Institut Nasional Jepang untuk Studi Pertahanan dalam laporannya tentang Keamanan China 2023.

"Beijing berusaha untuk menciptakan situasi zona abu-abu terus-menerus dan memberikan tekanan pada lawan karena menghindari bentrokan militer dengan negara lain," kata laporan tahunan lembaga Jepang itu.

Kemampuan China dalam situasi zona abu-abu telah mengalami peningkatan, yang menurut laporan itu, berasal dari integrasi Penjaga Pantai China dan milisi maritim ke dalam komando militer.

Laporan itu juga menyebutkan tentang penumpukan peralatan oleh kelompok-kelompok pertahanan China itu.

Laporan tersebut disampaikan saat Tokyo dan Beijing berselisih mengenai Kepulauan Senkaku, yakni sekelompok pulau kecil di Laut China Timur yang dikelola oleh Jepang tetapi diklaim oleh China.

Halaman Selanjutnya
img_title