Menlu Belarusia Meninggal Mendadak Jelang Pertemuan dengan Menlu Rusia

Menteri Luar Negeri Belarus Vladimir Makei meninggal dunia
Sumber :
  • AP Photo

VIVA Dunia – Menteri Luar Negeri Belarusia Vladimir Makei meninggal dunia secara mendadak pada usia 64 tahun, kata kementerian luar negeri negara itu, pada Sabtu, 26 November 2022. Belum dapat dijelaskan alasan meninggalnya Menlu Makei.

Demi Alasan Keamanan, Polandia Siap Tampung Senjata Nuklir NATO

"Vladimir Makei, Menteri Luar Negeri Republik Belarus, tiba-tiba meninggal hari ini," kata Kementerian Luar Negeri dalam akun Facebook resminya, tanpa memberikan rincian lebih lanjut tentang keadaan seputar kematian menteri luar negerinya itu," dilansir CNN Internasional, Senin, 28 November 2022.

Presiden Belarus Alexander Lukashenko menyatakan belasungkawanya kepada keluarga dan teman-teman Makei.

Kerjasamanya dengan Iran dan Rusia Disebut Sumber Kejahatan oleh AS, China Murka

Menteri Luar Negeri Rusia, Sergey Lavrov di KTT G20 Bali

Photo :
  • Bay Ismoyo/Pool Photo via AP

Makei sebelumnya telah dijadwalkan untuk bertemu dengan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov pada hari Senin, 28 November 2022.

Deretan Negara yang Dianggap Paling Siap Hadapi Perang Dunia 3

Kementerian Luar Negeri Rusia mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka berduka atas berita kematian Makei dan menggambarkan bahwa Menlu Belarusia itu sebagai teman sejati Rusia.

"Pimpinan dan staf Kementerian Luar Negeri Federasi Rusia sangat berduka atas meninggalnya Menteri Luar Negeri Republik Belarus Vladimir Vladimirovich Makei pada 26 November tahun ini," bunyi pernyataan itu.

"Seorang diplomat dan negarawan yang luar biasa, seorang patriot sejati yang mengabdikan hidupnya untuk melayani Tanah Airnya dan melindungi kepentingannya di arena internasional, telah meninggal dunia," tambahnya.

"Vladimir Vladimirovich Makei adalah teman sejati Rusia, yang memberikan kontribusi unik pada pengembangan komprehensif kerja sama bilateral yang luas, pembentukan mengintegrasikan Negara Persatuan, dan penguatan hubungan antara masyarakat persaudaraan Rusia dan Belarus."

"Makei akan selamanya berada di hati kita sebagai seorang pria dengan jiwa yang luas dan kebijaksanaan yang mendalam, seorang profesional yang brilian, kolega dan kawan yang setia, yang memenangkan cinta dan rasa hormat tidak hanya dari warga negaranya, tetapi juga jauh melampaui perbatasan Belarusia," tambahnya.

Setelah berita duka tersebut, Kementerian Luar Negeri Rusia akhirnya mengkonfirmasi bahwa jadwal kunjungan Lavrov ke Minsk pada hari Senin telah ditunda, setelah kematian Makei.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya