Putri Misterius Kim Jong Un Kembali Temani sang Ayah di Depan Publik, Resmi Jadi Penerus Tahta?

Potret Kim Jong Un membawa anak perempuannya di uji coba rudal
Sumber :
  • Dailymail.co.uj

VIVA Dunia – Putri berusia 9 tahun dari orang paling kuat di Korea Utara, Kim Jong Un kembali tampil di depan umum, memicu spekulasi baru tentang garis suksesi Kerajaan Pertapa Korea Utara tersebut.

Deretan Negara Paling Tak Percaya Tuhan di Dunia, Mayoritas di Benua Asia!

Ju Ae, satu dari tiga anak dari Kim Jong Un dan istrinya Ri Sol Ju, kini muncul dua kali dalam seminggu, dampingi ayahnya setelah tinggal dalam misterius di negara Asia yang terisolasi itu.

Deskripsi media negara tentang Ju Ae sebagai anak "paling dicintai" atau "berharga" sang diktator membuat beberapa ahli berpikir dia kemungkinan kuat adalah pewaris tahta.

Kim Jong Un Dikabarkan Punya Selingkuhan Seorang Penyanyi, Hingga Punya Anak Bersama

Putri Kim Jong Un kembali tampi di hadapan publik

Photo :
  • Reuters

“Ini sungguh mengejutkan,” kata Ankit Panda, pakar Korea Utara dari Carnegie Endowment for International Peace, kepada PBS News Hour, dilansir Senin, 28 November 2022. 

Deretan Aturan Nyeleneh yang Mengatur Kehidupan Korea Utara di Era Kim Jong Un

“Foto Kim Ju Ae berdiri di samping ayahnya saat dirayakan oleh teknisi dan ilmuwan yang terlibat dalam peluncuran ICBM terbaru akan mendukung gagasan bahwa ini adalah awal posisinya sebagai calon penerus,” kata Panda.

“Media negara menggarisbawahi cinta ayahnya untuknya lebih jauh menggarisbawahi ini, saya kira,” katanya. “Akhirnya, kedua penampilan publiknya berada dalam konteks senjata nuklir strategis — permata mahkota dari kemampuan pertahanan nasional Korea Utara," jelasnya. 

“Menurut saya, itu bukan sebuah kebetulan,” tambah Panda.

Putri Kim Jong Un kembali tampi di hadapan publik

Photo :
  • Reuters

Penampilan terbaru gadis cantik itu muncul saat dia difoto di samping ayahnya bersama sekelompok ilmuwan dan teknisi yang diyakini sedang mengerjakan rudal Hwasong-17 Korea Utara, obsesi nuklir terbaru Kim, PBS melaporkan.

Gambar-gambar itu diterbitkan hari Minggu oleh Kantor Berita Pusat Korea, outlet media yang dikendalikan negara.

Akhir pekan lalu, gadis itu diungkap ke sebagian besar dunia luar berjalan bergandengan tangan dengan ayahnya di lokasi uji coba rudal nuklir.

Putri Kim Jong Un kembali tampi di hadapan publik

Photo :
  • Reuters

Kehidupan pribadi Kim sebagian besar tetap dirahasiakan di luar negeri, dengan para ahli percaya diktator dan istrinya, Ri Sol Ju, yang menikah pada 2009, memiliki tiga anak.

"Kami telah diberitahu bahwa Kim memiliki tiga anak, termasuk kemungkinan seorang putra," kata Soo Kim, seorang analis keamanan RAND Corporation di California, kepada PBS News Hour.

“Jika ini benar, dan jika kita berasumsi bahwa anak laki-laki, yang belum terungkap, akan menjadi ahli waris, apakah Ju Ae benar-benar anak Kim yang paling 'berharga' dari sudut pandang suksesi?” kata Kim. "Saya pikir masih terlalu dini untuk menarik kesimpulan apapun.” lanjutnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya