Demo Covid Memanas, Stasiun TV China Sensor Penonton Tak Bermasker di Piala Dunia

Polisi China bersiaga mengamankan para demonstran yang menentang penguncian ketat COVID-19.
Polisi China bersiaga mengamankan para demonstran yang menentang penguncian ketat COVID-19.
Sumber :
  • AP Photo/Ng Han Guan.

VIVA Dunia – Selama siaran langsung pertandingan Piala Dunia 2022 Jepang vs Kosta Rika, CCTV Sports, salah stasiun televisi China menyensor tayangan penonton yang terlihat tak memakai masker, ketika demonstrasi menolak lockdown Covid meluas ke berbagai penjuru China. 

Dalam tayangan tersebut, CCTV Sports menunjukkan hanya sorotan jarak jauh dari penonton, di mana sulit untuk melihat wajah para penonton di stadion Qatar. Sementara itu, stasiun TV dunia lainnya memperlihatkan penonton di tribun, yang memang sudah tak diwajibkan memakai masker. 

Melansir The Sun, Senin, 28 November 2022, CCTV Sports mengarahkan kamera ke pemain di lapangan dan papan iklan di sela-sela permainan sementara siaran lainnya memperbesar reaksi penggemar terhadap permainan, tampak sengaja agar tak menyorot penonton yang sudah tak lagi mengenakan masker. 

Tangkapan layar CCTV Sports buramkan penonton Piala Dunia Qatar

Tangkapan layar CCTV Sports buramkan penonton Piala Dunia Qatar

Photo :
  • The Sun

Bahkan dalam video yang dibagikan di pertandingan AS vs Wales, penonton tampak dikaburkan atau menjadi buram dalam satu versi siaran.

Puluhan juta orang di kota-kota besar di China, termasuk ibu kota Beijing, saat ini tengah lockdown karena kasus Covid meningkat di seluruh negeri Tirai Bambu tersebut. 

China adalah negara besar terakhir yang masih berusaha untuk membasmi penyebaran Covid dengan lockdown, aturan karantina yang panjang, dan rezim pengujian massal.

Halaman Selanjutnya
img_title