Pesawat Nyangkut di Tiang Listrik Setinggi 30 Meter, Dua Orang Terjebak Selama 7 Jam

Pesawat yang tersangkut di tiang listrik di Maryland, AS
Sumber :
  • nypost.com

VIVA Dunia – Dua orang terjebak selama tujuh jam di dalam sebuah pesawat kecil yang terjerat kabel aktif sekitar 100 kaki atau 30 meter dari tanah setelah menabrak kabel listrik di Maryland, Amerika Serikat pada Minggu malam.

AS Ucapkan Selamat atas Pembebasan 4 Sandera Israel meski 274 Warga Palestina Tewas

Melansir New York Post, Senin, 28 November 2022, pesawat bermesin tunggal itu menabrak kabel tegangan tinggi dekat Goshen Road dan Rothbury Drive saat bersiap turun menuju Montgomery County Airpark di Gaithersburg sekitar pukul 17:30, kata pihak berwenang.

Pilot dan penumpang diselamatkan sekitar pukul 12:30 dalam apa yang oleh personel darurat disebut sebagai "upaya Herculean" dan dilarikan ke pusat trauma setempat karena cedera serius. Para pejabat mengatakan mereka menderita cedera terkait trauma serta hipotermia, tetapi diperkirakan akan selamat.

Viral 28 Orang Terjebak di Wahana Ekstrem Taman Hiburan AS

"(Dua orang di dalam pesawat) tampaknya baik-baik saja saat ini, namun, mereka berada dalam situasi yang sangat genting karena fakta bahwa mereka menggantung sekitar 100 kaki di atas dan semuanya masih berenergi," ucap juru bicara Montgomery County Fire & Rescue, Pete Piringer mengatakan dari tempat kejadian sebelum penyelamatan.

Pesawat yang tersangkut di tiang listrik di Maryland, AS

Photo :
  • nypost.com
Panglima TNI Bertemu Komandan Perang Kawasan Indo Pasifik US Navy, Bahas Apa?

Tabrakan itu menyebabkan puluhan ribu orang di daerah itu harus tanpa listrik pada Minggu malam.

Menurut pemasok energi lokal, Pepco, 85.000 hingga 90.000 rumah dan bisnis terkena dampak pemadaman yang "meluas" di Montgomery County. Lebih dari 125 lampu lalu lintas padam, dua rumah sakit berfungsi dengan kapasitas terbatas dan beberapa lift juga terkena dampaknya, jelas Piringer.

Tim tanggap darurat berfokus untuk menyelamatkan dua orang, yang untungnya tidak terluka, yang tergantung di pesawat sebelum upaya pemulihan dapat dimulai. 

Kepala Pemadam Kebakaran Montgomery, Scott Goldstein mengatakan bahwa personel darurat mencoba berkomunikasi dengan dua orang di pesawat, tetapi tidak dapat menghubungi mereka sampai mereka dapat memastikan kabel listrik dimatikan

"Meskipun ada pemadaman listrik yang luas di Montgomery County, tidak ada cara lain untuk menentukan apakah aman untuk mengakses menara sampai (pesawat) ditanahkan atau diikat," kata Goldstein pada jam 9 malam dalam konferensi pers.

Pihak berwajib harus terlebih dahulu mengamankan kabel dengan klem untuk memastikan tidak ada listrik statis atau sisa daya yang dapat menyetrum tim penyelamat atau penumpang pesawat. Para pekerja baru dapat menghentikan kabel listrik sekitar pukul 23:30. 

Mereka kemudian mengamankan pesawat ke struktur menara untuk mencegah pergerakan dan getaran sekitar pukul 12:15.

Pesawat yang tersangkut di tiang listrik di Maryland, AS

Photo :
  • nypost.com

Setelah aman, tim mulai mengeluarkan orang-orang dari pesawat. Orang pertama dibawa turun pada pukul 12:25 dan yang kedua dibawa ke tempat aman pada pukul 12:36, kata Goldstein.

Administrasi Penerbangan Federal mengatakan pesawat bermesin tunggal Mooney M20J itu terbang dari Bandara Westchester County di White Plains, NY ketika bertabrakan dengan kabel.

FAA dan Dewan Keselamatan Transportasi Nasional akan menyelidiki kecelakaan itu.

Semua pelanggan listrik yang kehilangan daya telah dipulihkan layanannya, kata Pepco dalam sebuah pernyataan sekitar pukul 1:30 pagi.

Pesawat, bagaimanapun, tetap ditangguhkan di kabel listrik hingga Senin pagi. Kru masih bekerja untuk menurunkannya, setelah itu, garis akan dipasang kembali dan diperbaiki.

Pejabat setempat berencana untuk menutup sekolah umum di daerah itu pada hari Senin sebagai akibat dari pemadaman listrik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya