10 Negara dengan Masjid Terbanyak di Dunia, Indonesia Urutan Berapa?

Bangunan Hagia Sophia di Turki.
Sumber :
  • vstory

VIVA Dunia – Masjid adalah bangunan yang dipakai oleh umat Islam sebagai tempat beribadah, maka kehadiran masjid ini sangat penting dan harus ada supaya umat muslim bisa melaksanakan ibadah lima waktu dalam satu hari. Menyadur dari laman TRT World, jumlah masjid di seluruh dunia mencapai 3,6 juga masjid. 

5 Negara dengan Pertumbuhan Populasi Terendah di Dunia

Semakin banyak jumlah penduduk umat Islam, seharusnya jumlah bangunan masjid ini semakin banyak. Apalagi, jumlah pemeluk agama Islam di dunia menjadi kedua tertinggi setelah Kristen. Untuk itu, berikut negara yang memiliki masjid terbanyak di dunia seperti dirangkum VIVA dari berbagai sumber. 

10. Yaman

Top Trending: Pertamina Bebastugaskan Arie Febriant Hingga Pria Tampar Wanita Gegara Disebut Alien

Ibukota Yaman

Photo :

Yaman adalah salah satu negara dengan jumlah masjid terbanyak di dunia. Negara yang sedang berkecamuk dalam perang ini mempunyai sekira 50.000 masjid dan menjadi penopang kegiatan keagamaan di sana. Satu-satunya negara dengan bentuk replika di Jazirah Arab ini mempunyai masjid yang cukup banyak sebagai tempat ibadah 23 juta jiwa penduduknya. 

8 Negara Terbaik untuk Bekerja Secara WFH

9. Maroko

Ifrane, kota bersalju di Maroko

Photo :
  • Wikimedia Commons

Negara dengan bentuk monarki konstitusional parlementer ini mempunyai sekitar 51.000 masjid untuk menampung 33 juta populasi penduduknya. Salah satu masjid terbesar dan termegahnya adalah Masjid Hasan II yang dibangun tahun 1980 berada di Casablanca, Maroko. Maroko adalah negara Afrika Utara yang wilayahnya terbentang dari Laut Mediterania. 

8. Iran

Masjid Pink Iran

Photo :
  • vstory

Negara Republik Islam ini mempunyai 58.000 masjid. Iran adalah sebuah negara Timur Tengah yang lebih dikenal dengan Persia oleh negara Barat. Banyak masjid dengan arsitektur megah berdiri di Iran, seperti Masjid Sheikh Lotfollah di Isfahan, Masjid Nasir al-Mulk di Shiraz, Masjid Sheikh Safi al-Din Khanegah di Ardebil, hingga Masjid Syah-e Cheragh di Shiraz.

7. Turki

Hagia Sophia

Photo :
  • Instagram @masjid_hagia_sophia

Republik Turki adalah salah satu pendiri Organisasi Konferensi Islam (OKI) yang sebelumnya mempunyai sejarah panjang mengenai kekhalifahan Islam. Wajar saja jika Turki menjadi salah satu negara yang mempunyai jumlah masjid terbanyak di dunia sekira 82.000 masjid. Salah satu masjid fenomenal adalah Hagia Sophia yang dibangun tahun 537 M. 

6. Arab Saudi

Kota Suci Mekkah.

Photo :
  • GoNews India

Arab Saudi adalah negara yang terletak di Asia Barat. Wilayahnya mencakup hampir semua kawasan semenanjung Arabia. Negara yang mempunyai Ibu Kota Riyadh ini mempunyai hampir seratus ribu masjid, tepatnya 98.000 masjid. Negara ini juga menjadi tujuan utama ibadah untuk umat muslim seluruh dunia. 

5. Mesir

Masjid terbesar di Mesir El Fattah El Aleem diresmikan

Photo :
  • Twitter Egypt Forward ? @egyptfwd

Negara yang sebagian wilayahnya terletak di benua Afrika ini mempunyai sekitar 108.000 masjid. Indonesia sendiri mempunyai hubungan yang sangat dekat dengan negara ini, karena Mesir jadi negara pertama yang mengakui Kedaulatan Indonesia pada 17 Agustus 1945. Selain itu, Universitas Al-Azhar juga menjadi pusat pengkajian Sunni. 

4. Pakistan

Masjid Badshahi di Pakistan

Photo :
  • VIVA.co.id/Dinia Adrianjara

Pakistan adalah negara yang berada di Asia Selatan dan mempunyai sekitar 120.000 masjid. Negara ini mempunyai banyak sekali masjid dengan arsitektur indah dan megah, salah satunya adalah Masjid Faisal yang didirikan sejak tahun 1987 di Islamabad. Negara yang tengah berkonflik dengan India ini dihuni oleh 199 juta jiwa dan 97% diantaranya adalah Islam. 

3. Bangladesh

The Rose Garden Palace, Bangladesh.

Photo :
  • U-Report

Bangladesh adalah negara dengan penduduk terbanyak ke-8 di dunia. Karena itu, sangat wajar bila Bangladesh mempunyai sekitar 250.000 masjid sebagai tempat ibadah mayoritas penduduknya yang menganut agama Islam. 

2. India

Wisata Taj Mahal di India. Image via: Business Destinations

Photo :
  • U-Report

India mungki sangat identik dengan agama Hindu, tapi siapa sangka bahwa negara ini mempunyai sekitar 300.000 masjid yang tersebar di seluruh penjuru negara. Bahkan, jumlah yang cukup banyak ini belum cukup untuk memenuhi kebutuhan tempat ibadah umat Muslim di sana. Karena Islam menjadi agama dengan pemeluk terbanyak kedua di sana. 

1. Indonesia

Presiden Jokowi Meninjau Perkembangan Renovasi Masjid Istiqlal

Photo :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Indonesia adalah negara dengan jumlah masjid terbanyak di dunia, kurang lebih ada sekitar 800.000 bangunan masjid. Lima provinsi dengan masjid terbanyak adalah Lampung (12.000 masjid), Sulawesi Selatan (14.313 masjid), Jawa Timur (48.947 masjid), Jawa Tengah (50.549 masjid) dan Jawa Barat (58.979 masjid).

Salat Idul Fitri di Jakarta Internasional Stadium beberapa waktu lalu.

Pemprov DKI Tak Gelar Solat Idul Fitri di JIS

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta tidak menggelar salat idul fitri atau ied 1445 hijriah di Jakarta Internasional Stadium (JIS) tahun ini.

img_title
VIVA.co.id
9 April 2024