Iran Kalah dari AS, Demonstran Pro Mahsa Amini Pesta Kembang Api

Suporter wanita Iran menunjukkan kaos dengan nama Mahsa Amini
Suporter wanita Iran menunjukkan kaos dengan nama Mahsa Amini
Sumber :
  • AP Photo/Alessandra Tarantino

VIVA Dunia – Para pengunjuk rasa di Iran merayakan kekalahan timnas negara mereka dari rival sengitnya Amerika Serikat (AS) di Piala Dunia Qatar. Pada pertandingan yang digelar Selasa, 29 November 2022, timnas Iran kalah 1-0 dari AS di laga penyisihan Grup B. 

Tidak seperti suporter pada umumnya ketika negara mereka kalah dengan penuh kekecewaan, justru para pengunjuk rasa di Iran melepaskan kembang api, penuh suka cita, seperti pada video yang tersebar di media sosial.

Diketahui, Republik Islam itu telah mengerahkan pasukan keamanan negara untuk melawan kerusuhan yang pecah setelah kematian wanita Kurdi berusia 22 tahun, Mahsa Amini, yang meninggal pada 16 September 2022, tiga hari setelah penangkapannya karena diduga melanggar aturan berpakaian wanita Iran.

Di kampung halaman Mahsa Amini di Saqez, serta kota-kota lain di provinsi barat Kurdistan, telah menjadi pusat protes terhadap aturan ulama.

Warga Saqez, Iran, menyalakan kembang api ketika timnasnya kalah dari AS

Warga Saqez, Iran, menyalakan kembang api ketika timnasnya kalah dari AS

Photo :
  • Twitter

"Warga Saqez sudah mulai merayakan dan menggunakan kembang api setelah gol pertama Amerika melawan tim sepak bola Iran," kata situs web Iran Wire yang berbasis di London, dikutip dari NDTV, Rabu, 30 november 2022.

Video itu menunjukkan adanya kembang api dengan suara sorak-sorai, seperti sedang merayakan sesuatu.

Halaman Selanjutnya
img_title