Kematian Pekerja di Piala Dunia 2022 di Qatar Capai 500 Jiwa

Venue Piala Dunia 2022 Qatar, Education City Stadium, Doha
Venue Piala Dunia 2022 Qatar, Education City Stadium, Doha
Sumber :
  • Skysports

VIVA Dunia – Seorang pejabat tinggi Qatar yang terlibat dalam organisasi Piala Dunia negara itu telah menyebutkan jumlah kematian pekerja untuk turnamen tersebut untuk pertama kalinya, jumlah yang jauh lebih tinggi daripada yang sebelumnya pernah dikatakan di Doha. 

Angka tersebut adalah 400 hingga 500 korban jiwa

Pernyataan diberikan oleh Hassan al-Thawadi, sekretaris jenderal Komite Tertinggi Qatar untuk Pengiriman dan Warisan, muncul begitu saja selama wawancara dengan jurnalis Inggris, Piers Morgan.

Hal ini diyakini mengancam menghidupkan kembali kritik dari kelompok hak asasi manusia atas kerugian menjadi tuan rumah Piala Dunia pertama di Timur Tengah bagi buruh migran yang membangun stadion, jalur metro, dan infrastruktur baru senilai lebih dari $200 miliar yang dibutuhkan untuk turnamen tersebut.

Piala Dunia 2022 Qatar, Stadion Ahmad Bin Ali

Piala Dunia 2022 Qatar, Stadion Ahmad Bin Ali

Photo :
  • Instagram: mundo.dos.estadios

Dalam wawancara, yang sebagian diposting Morgan secara online, jurnalis Inggris itu bertanya kepada al-Thawadi: “Menurut Anda, jumlah total yang jujur ????dan realistis tentang pekerja migran yang meninggal karena pekerjaan yang mereka lakukan untuk Piala Dunia secara total?”

“Perkiraannya sekitar 400, antara 400 dan 500,” jawab al-Thawadi. “Saya tidak punya angka pastinya. Itu adalah sesuatu yang telah didiskusikan," melansir Guardian, Rabu 30 November 2022. 

Halaman Selanjutnya
img_title