Kematian Pekerja di Piala Dunia 2022 di Qatar Capai 500 Jiwa

Venue Piala Dunia 2022 Qatar, Education City Stadium, Doha
Sumber :
  • Skysports

VIVA Dunia – Seorang pejabat tinggi Qatar yang terlibat dalam organisasi Piala Dunia negara itu telah menyebutkan jumlah kematian pekerja untuk turnamen tersebut untuk pertama kalinya, jumlah yang jauh lebih tinggi daripada yang sebelumnya pernah dikatakan di Doha. 

Piala Asia U-23: Timnas Indonesia Satu-satunya Debutan, 5 Tim Pernah Rasakan Juara

Angka tersebut adalah 400 hingga 500 korban jiwa

Pernyataan diberikan oleh Hassan al-Thawadi, sekretaris jenderal Komite Tertinggi Qatar untuk Pengiriman dan Warisan, muncul begitu saja selama wawancara dengan jurnalis Inggris, Piers Morgan.

Pesan Terakhir Korban Kecelakaan Tol Cikampek KM 58 ke Ibunya: Mah Aa Mau Pulang

Hal ini diyakini mengancam menghidupkan kembali kritik dari kelompok hak asasi manusia atas kerugian menjadi tuan rumah Piala Dunia pertama di Timur Tengah bagi buruh migran yang membangun stadion, jalur metro, dan infrastruktur baru senilai lebih dari $200 miliar yang dibutuhkan untuk turnamen tersebut.

Piala Dunia 2022 Qatar, Stadion Ahmad Bin Ali

Photo :
  • Instagram: mundo.dos.estadios
WHO: Jika Pasien RS Al Shifa Gaza Tak Dievakuasi, Maka Akan Ada Lebih Banyak Kematian

Dalam wawancara, yang sebagian diposting Morgan secara online, jurnalis Inggris itu bertanya kepada al-Thawadi: “Menurut Anda, jumlah total yang jujur ????dan realistis tentang pekerja migran yang meninggal karena pekerjaan yang mereka lakukan untuk Piala Dunia secara total?”

“Perkiraannya sekitar 400, antara 400 dan 500,” jawab al-Thawadi. “Saya tidak punya angka pastinya. Itu adalah sesuatu yang telah didiskusikan," melansir Guardian, Rabu 30 November 2022. 

Namun, angka itu belum pernah didiskusikan secara terbuka oleh pejabat Qatar sebelumnya. Laporan dari Komite Tertinggi sejak 2014 hingga akhir 2021 hanya mencakup jumlah kematian pekerja yang terlibat dalam pembangunan dan perbaikan stadion yang sekarang menjadi tuan rumah Piala Dunia.

Angka-angka yang dirilis tersebut menyebutkan jumlah total kematian adalah 40. Itu termasuk 37 dari apa yang digambarkan warga Qatar sebagai insiden non-kerja seperti serangan jantung dan tiga dari insiden di tempat kerja. Satu laporan juga secara terpisah mencantumkan kematian pekerja akibat virus Covid-19 di tengah pandemi.

Timnas Iran di Piala Dunia Qatar 2022

Photo :
  • AP Photo/Frank Augstein

Dalam wawancara, Al-Thawadi menunjuk angka-angka itu ketika membahas pekerjaan hanya di stadion, tepat sebelum menjabarkan angka kematian "antara 400 hingga 500" untuk semua infrastruktur turnamen.

Dalam pernyataan selanjutnya, Komite Tertinggi mengatakan al-Thawadi mengacu pada "statistik nasional yang mencakup periode 2014-2020 untuk semua kematian terkait pekerjaan (414) secara nasional di Qatar, yang mencakup semua sektor dan kebangsaan."

Sejak FIFA memberikan tonggak tuan rumah turnamen tersebut kepada Qatar pada tahun 2010, negara itu telah mengambil beberapa langkah untuk merombak praktik ketenagakerjaan negara tersebut. 

Itu termasuk menghilangkan apa yang disebut sistem ketenagakerjaan kafala, yang mengikat pekerja dengan majikan mereka, yang mengatakan apakah mereka dapat meninggalkan pekerjaan mereka atau bahkan negara.

Akomodasi di Piala Dunia Qatar yang belum selesai

Photo :
  • Dailymail.co.uk

Qatar juga telah mengadopsi upah bulanan minimum 1.000 riyal Qatar ($275) untuk pekerja dan tunjangan makanan dan perumahan yang diperlukan bagi karyawan yang tidak menerima tunjangan tersebut langsung dari pemberi kerja mereka. Itu juga telah memperbarui aturan keselamatan pekerjanya untuk mencegah kematian.

“Satu kematian adalah kematian yang terlalu banyak. (Jawaban) polos dan sederhana,” tambah al-Thawadi dalam wawancara.

Aktivis telah meminta Doha untuk berbuat lebih banyak, terutama dalam hal memastikan pekerja menerima gaji mereka tepat waktu dan dilindungi dari majikan yang kejam.

Komentar Al-Thawadi juga memperbaharui pertanyaan tentang kebenaran laporan pemerintah dan bisnis swasta tentang cedera dan kematian pekerja di negara-negara Teluk Arab, yang gedung pencakar langitnya dibangun oleh buruh dari negara-negara Asia Selatan seperti India, Pakistan, dan Sri Lanka.

Piala Dunia 2022 Qatar, Stadion Ahmad Bin Ali

Photo :
  • Instagram: la_info_delfutbol

“Ini hanyalah contoh terbaru dari kurangnya transparansi Qatar yang tidak dapat dimaafkan tentang masalah kematian pekerja,” kata Nicholas McGeehan dari Fairsquare, sebuah kelompok yang berbasis di London yang mengadvokasi pekerja migran di Timur Tengah. “Kami membutuhkan data yang tepat dan penyelidikan menyeluruh, bukan angka samar yang diumumkan melalui wawancara media," ujarnya. 

“FIFA dan Qatar masih memiliki banyak pertanyaan untuk dijawab, paling tidak di mana, kapan, dan bagaimana orang-orang ini meninggal dan keluarga mereka menerima kompensasi.” lanjutnya. 

Mustafa Qadri, direktur eksekutif Equidem Research, sebuah konsultan tenaga kerja yang telah menerbitkan laporan tentang jumlah korban pekerja migran konstruksi, juga mengatakan dia terkejut dengan pernyataan al-Thawadi.

“Baginya sekarang untuk datang dan mengatakan ada ratusan, itu mengejutkan,” katanya kepada The Associated Press. "Mereka tidak tahu apa yang sedang terjadi."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya