AS Sepakat Kirim Rudal Paling Canggih ke Taiwan, China Tambah Ngamuk

Rudal Harpoon A-84, rudal anti-kapal buatan AS digunakan pesawat tempur Taiwan
Sumber :
  • AP Photo/Johnson Lai

VIVA Dunia – Sekutu vokal Taiwan yakni Amerika Serikat (AS) sepakat menjual sebanyak 100 rudal pertahanan udara Patriot yang paling canggih bersama dengan radar dan peralatan pendukung lainnya ke Taiwan, senilai US$882 juta atau setara dengan Rp13,699 triliun. Hal itu diungkapkan oleh Departemen Luar Negeri AS.

Rusia Ngamuk dan Ancam Serang Instalasi Militer Inggris, Apa Sebabnya?

Melansir dari The Straits Times, Selasa, 6 Desember 2022, proposal paket senjata dibuat di bawah ketentuan penjualan pada 2010 ke Taiwan dan secara teknis bukan hal yang baru.

Penjualan senjata itu meningkat dari kesepakatan sebelumnya, dan sejauh ini akan memiliki potensi nilai total US$2,81 miliar atau Rp32,323 triliun. Peningkatan tersebut tidak akan mengubah nilai keseluruhan dari kesepakatan tersebut. 

Nyolong, Sersan Gordon Black Diringkus Polisi Rusia

VIVA Militer: Sistem rudal pertahanan Angkatan Bersenjata Taiwan

Photo :
  • scmp.com

Namun penjualan itu justru membuat marah Beijing dan menyebabkannya menghentikan pertukaran militer dengan AS.

Lebih 2 Ribu Mahasiswa yang Bela Palestina di Seluruh AS Ditangkap Polisi

Pemberitahuan departemen kepada anggota parlemen mengenai paket senjata diharapkan akan diinformasikan dalam Catatan Kongres, paling cepat hari Selasa, 6 Desember 2022, dan akan ditinjau oleh Kongres hingga 30 hari ke depan.

Proposal baru tersebut meminta sebanyak 100 rudal Patriot Pac-3 milik Lockheed Martin Corp. Ini merupakan senjata yang lebih canggih daripada Patriot sebelumnya yang dikirim AS ke Taiwan.

Proposal tersebut juga meminta kit modifikasi Peluncur M903, pelatih putaran rudal, dan peningkatan perangkat lunak untuk mengakomodasi rudal baru.

Langkah itu hanya akan menambah ketegangan antara AS dan China yang telah meningkat dalam beberapa bulan terakhir, di tengah kekhawatiran Biden bahwa Beijing menjadi lebih agresif terhadap Taiwan yang dianggapnya sebagai provinsi pemberontak untuk dipersatukan kembali, jika perlu dengan kekerasan.

"Penjualan yang diusulkan akan meningkatkan sistem rudal Patriot Taiwan, bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pertahanan rudalnya, mempertahankan integritas teritorialnya, dan mencegah ancaman terhadap stabilitas regional,” kata departemen AS itu.

Total perkiraan nilai tahun 2010 akan tetap US$2,81 miliar, kata departemen luar negeri AS.

Patriot MSE adalah pencegat pembunuh kinetik yang kecil, sangat gesit untuk pertahanan terhadap rudal balistik taktis, rudal jelajah, dan ancaman udara, serta .ewakili generasi berikutnya dalam pencegat hit-to-kill dan menyediakan ruang pertempuran yang diperluas melawan ancaman yang berkembang.

Rudal baru ini meningkatkan PAC-3 hit-to-kill asli dengan kemampuan dengan motor roket padat berkinerja lebih tinggi, mematikan yang dimodifikasi, permukaan kontrol yang lebih bertanggung jawab, dan panduan perangkat lunak yang lebih ditingkatkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya