Wilayah Rusia Mulai Diserang Balik Drone Ukraina

VIVA Militer: Ilustrasi pesawat tanpa awak (drone) tempur
Sumber :
  • IBTimes India

VIVA Dunia  – Sebuah pesawat tak berawak menyerang, dan membakar tangki penyimpanan minyak di lapangan terbang wilayah Kursk, kata seorang gubernur Rusia, pada hari Selasa, 6 Desember 2022. Roman Starovoyt, gubernur wilayah Kursk yang berbatasan dengan Ukraina, mengatakan melalui Telegram bahwa dalam serangan tersebut tidak ditemukan korban jiwa.

Israel Mau Balas Dendam ke Iran, Rusia Pasang Badan Kirim Jet Tempur Canggih

Kementerian pertahanan Rusia juga mengatakan sebelumnya bahwa drone Ukraina menyerang dua pangkalan udara di Ryazan dan Saratov di Rusia tengah-selatan pada Senin, 5 Desember 2022, yang menewaskan tiga prajurit, dan melukai empat lainnya, serta merusak dua pesawat.

Melansir dari The Sundaily, Selasa, 6 Desember 2022, Ukraina tidak secara langsung mengklaim bertanggung jawab atas salah satu serangan itu. Jika serangan itu memang ulah dari Kiev, maka serangan hari Senin akan menjadi yang terparah di Rusia sejak Moskow menginvasi Ukraina pada 24 Februari 2022.

Ngotot Balas Serangan Iran, PM Israel Tolak Angkat Telepon Pemimpin Barat

VIVA Militer: Bekas ledakan serangan bom drone militer Ukraina

Photo :
  • ukrinform.net

Seorang pejabat senior Ukraina, mengatakan drone yang terlibat dalam serangan hari Senin diluncurkan dari wilayah Ukraina, dan setidaknya satu serangan dilakukan dengan bantuan pasukan khusus yang dekat dengan pangkalan.

5 Negara dengan Angkatan Udara Terkuat di Dunia Tahun 2024, Indonesia Gak Termasuk?

Perusahaan pencitraan satelit Israel ImageSat International berbagi gambar yang menunjukkan bekas luka bakar, dan benda-benda di dekat pesawat Tu-22M di pangkalan udara Dyagilevo. Kementerian pertahanan Rusia mengatakan serangan itu adalah tindakan terorisme yang dimaksudkan untuk menonaktifkan pesawat jarak jauh, dan pesawat tak berawak yang terbang rendah ditembak jatuh. Kematian dilaporkan di pangkalan Ryazan, 185 km (115 mil) tenggara Moskow.

Saratov setidaknya berjarak 600 km (370 mil) dari wilayah Ukraina terdekat. Komentator Rusia mengatakan di media sosial bahwa jika Ukraina dapat menyerang sejauh itu di dalam Rusia, serangan itu mungkin juga dapat mengenai Moskow.

Analis militer Ukraina Serhiy Zgurets mengatakan pangkalan angkatan udara yang diserang pada Senin adalah satu-satunya fasilitas di Rusia yang dapat sepenuhnya melayani pembom yang digunakan untuk melancarkan serangan ke Ukraina.

"Masih terlalu dini untuk mengatakan apa yang dipermasalahkan di sini, tetapi kemampuan angkatan bersenjata Ukraina untuk mencapai sasaran militer jauh di dalam wilayah Federasi Rusia memiliki arti yang sangat simbolis dan penting,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya