Xi Jinping Kunjungi Sekutu Terbesar AS di Timur Tengah, Ada Motif Apa?

Presiden China Xi Jinping.
Sumber :
  • ANTARA/M. Irfan Ilmie.

VIVA Dunia – Presiden China, Xi Jinping, tiba di Arab Saudi untuk kunjungan kenegaraan di tengah ketegangan tinggi antara Amerika Serikat (AS) dan kedua negara, menurut laporan resmi kantor berita Saudi Press Agency (SPA).

Maskapai Pesawat Terbesar di Timur Tengah Buka Kembali Rute Penerbangan Setelah Serangan Iran

Perjalanan Xi ke Riyadh dimulai, pada Rabu, 7 Desember 2022, yang akan mencakup KTT Saudi-China, KTT China-Arab dan KTT China-GCC. Pertemuan ini juga menjadi prospek kerja sama ekonomi dan pembangunan, yang nantinya akan dibahas oleh kedua pemimpin itu.

Melansir dari CNN Internasional, Rabu, 7 Desember 2022, setidaknya 14 kepala negara Arab Saudi diharapkan menghadiri KTT China-Arab.

BMW X3 Generasi Terbaru Segera Meluncur, Ini Perbedaan dengan Sebelumnya

Presiden China Xi Jinping (kiri)

Photo :
  • AP Photo/Kin Cheung, File

Menyusul pengumuman kunjungan Xi tersebut, SPA juga menerbitkan laporan sejarah hubungan Saudi-China, dan mencatat bahwa hubungan dekat kedua negara itu  berlangsung selama delapan dekade.

Iran Klaim Lebih Dahulu Beri Tahu Amerika sebelum Serang Israel

Desas-desus tentang kunjungan presiden China ke sekutu terbesar AS di Timur Tengah juga sebelumnya telah beredar selama berbulan-bulan.

Pada hari Rabu, Kementerian Luar Negeri China akhirnya mengonfirmasi kunjungan tersebut, yang katanya akan berlangsung dari Rabu hingga Sabtu, 10 Desember 2022 mendatang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya