Perusahaan Donald Trump Dinyatakan Bersalah Atas 17 Dakwaan Dalam Kasus Penipuan Pajak

Donald Trump nyapres 2024
Sumber :
  • NME

VIVA Dunia – Organisasi Trump dinyatakan bersalah pada hari Selasa terkait penipuan pajak, dan sekarang perusahaan real estat miliknya Donald Trump tersebut dapat menghadapi denda sebanyak USD$1,6 juta.

Terpopuler: Pajak Tahunan Innova Zenix Hybrid, Bocah 5 Tahun Bawa Mobil PLN

Trump Org dinyatakan bersalah atas 17 dakwaan yang dihadapinya, termasuk penipuan pajak, pemalsuan catatan bisnis, konspirasi, dan kejahatan terkait, setelah dua hari berlangsungnya musyawarah di Mahkamah Agung Manhattan, New York, melansir New York Post, 7 Desember 2022. 

Perusahaan tersebut akan dijatuhi hukuman pada 13 Januari 2023 mendatang. 

Beli Sepatu Bola Rp10 Juta, Kena Pajak Rp31 Juta, Warganet: Perhitungan dari Mana?

Jaksa Distrik Manhattan Alvin Bragg memuji putusan juri, hukuman pidana pertama terhadap salah satu perusahaan Trump. “Kasus ini tentang keserakahan dan kecurangan,” kata Bragg. "Putusan hari ini membuat perusahaan-perusahaan Trump ini bertanggung jawab atas skema kriminal jangka panjang mereka," jelasnya. 

Donald Trump nyapres 2024

Photo :
  • NME
Cara Blokir Kendaraan Online biar Terhindar Pajak Progresif

Pengacara Trump Org, Susan Necheles mengatakan dia dan kliennya tidak setuju dengan putusan tersebut dan berencana untuk mengajukan banding. Beberapa jam sebelum vonis, Trump mencerca di Truth Social bahwa Bragg keluar untuk menangkapnya.

"Pembunuhan dan Kejahatan Kekerasan selalu tinggi di NYC, dan kantor D.A. telah menghabiskan hampir seluruh waktu & uangnya untuk melawan Perburuan Penyihir politik untuk D.C. melawan 'Trump' karena Tunjangan Pinggiran," tulisnya, menambahkan bahwa “tidak ada KASUS PEMBUNUHAN yang diadili dalam 6 tahun, banyak kekhawatiran dari para ibu korban dan keluarga yang hancur karena TIDAK ADA yang dilakukan untuk membawa KEADILAN. Terlalu sibuk mengurus ‘Donald.’” ujarnya kesal. 

Selama persidangan, jaksa penuntut menuduh bahwa selama 15 tahun, Trump Org membantu para eksekutif tingkat tinggi menghindari pajak penghasilan atas tunjangan yang nyaman dan di luar catatan buku pajak termasuk uang sewa, uang sekolah swasta, dan mobil mewah.

Donald Trump belum menyerah dalam Pilpres AS.

Photo :
  • vstory

Juri yang terdiri dari delapan pria dan empat wanita mendengar dari saksi bintang penuntut dan mantan CFO Trump Org, Allen Weisselberg, yang bersaksi bulan lalu, yang berkata bahwa "Ketamakan pribadi saya yang menyebabkan kasus ini."

Pengacara Trump Org telah menyatakan bahwa Weisselberg bertindak sendiri dan bahwa kesalahan hanya ada pada dirinya.

Tetap saja, Weisselberg mengakui bahwa, bahkan setelah anak-anak Donald Trump, Eric dan Donald Trump Jr. mengetahui pada 2017 bahwa dia dan eksekutif lainnya curang dalam pajak, mereka tidak dihukum. Sebaliknya, Weisselberg, yang saat ini sedang cuti dan mendapatkan gaji $640.000 dari perusahaan, diberi kenaikan $200.000.

Mantan Presiden ke-45 dan anak-anaknya tidak dituntut dalam kasus tersebut.

Keluarga Besar Donald Trump.

Photo :
  • U-Report

Tetapi selama argumen penutup, jaksa penuntut di Kantor Kejaksaan Distrik Manhattan mengklaim bahwa Trump sangat menyadari apa yang dilakukan Weisselberg dan bahwa dia "secara eksplisit" memberikan sanksi atas penipuan pajak tersebut.

"Seluruh narasi bahwa Donald Trump benar-benar tak peduli tidaklah nyata,” kata Asisten Jaksa Wilayah Joshua Steinglass kepada para juri. Steinglass mengatakan penipuan pajak juga menguntungkan perusahaan dengan menurunkan gaji dan meningkatkan pengurangan pajak.

“Para eksekutif menghasilkan lebih banyak dan perusahaan membayar lebih sedikit,” kata Steinglass. “Menang-menang untuk semua orang kecuali petugas pajak. Pada akhirnya, hanya itu saja.”

Namun, Necheles tetap "hanya" menuding Weisselberg. "Kita di sini hari ini karena satu alasan dan hanya satu alasan: keserakahan Allen Weisselberg,” katanya dalam kesimpulannya.

Dalam pernyataan setelah vonis, Necheles mengulangi Trump dan keluarganya tidak tahu tentang penipuan Weisselberg.

"Mengapa sebuah perusahaan yang pemiliknya tidak tahu apa-apa tentang pengembalian pajak pribadi Weisselberg dituntut secara pidana atas perilaku pribadi Allen Weisselberg, yang tidak memiliki visibilitas atau pengawasan?" kata Necheles. “Kasus ini belum pernah terjadi sebelumnya dan tidak benar secara hukum. Kami akan mengajukan banding atas putusan tersebut.” tegasnya. 

Mantan Presiden AS Donald Trump.

Photo :
  • Twitter

Seorang juru bicara Trump Org menyebutnya "tidak masuk akal" perusahaan dimintai pertanggungjawaban atas tindakan Weisselberg. Serta pengacara Trump Org lainnya, Alan Futerfas, menegaskan undang-undang yang mengizinkan perusahaan dinyatakan bersalah jika eksekutif melakukan tindakan kriminal "atas nama" perusahaan. 

Weisselberg mengaku bersalah pada Agustus karena meraup keuntungan USD$1,7 juta yang tidak dia laporkan kepada otoritas pajak. Dia dijadwalkan menerima hukuman penjara lima bulan sebagai imbalan atas kerjasamanya dengan pemerintah.

Jaksa Agung New York, Letitia James, yang memiliki kasus perdata senilai USD$250 juta terhadap perusahaan Trump dan anak-anaknya Ivanka, Eric dan Don Jr, karena diduga menggelembungkan aset perusahaan secara ilegal, juga memuji hasilnya.

“Vonis bersalah hari ini terhadap Trump Organization menunjukkan bahwa kami akan meminta pertanggungjawaban individu dan organisasi ketika mereka melanggar hukum kami untuk memenuhi kantong mereka,” cuit James. “Saya memuji @ManhattanDA atas kemenangan besar ini, dan saya bangga dengan peran yang dimainkan kantor saya dalam mengamankannya.” tulisnya melalui Twitter pribadi. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya