Time Nobatkan Presiden Ukraina Zelensky Sebagai People of the Year 2022

Volodymyr Zelynsky jadi People of The Year versi Majalah Time
Sumber :
  • TIME Magazine

VIVA Dunia – Majalah Time telah menobatkan Volodymyr Zelensky, presiden Ukraina dengan usahanya untuk melawan invasi Rusia ke negaranya telah mendapat pengakuan luas, sebagai "People of the Year" atau "Tokoh Tahun Ini." 

Demi Alasan Keamanan, Polandia Siap Tampung Senjata Nuklir NATO

"Apakah pertempuran untuk Ukraina mengisi seseorang dengan harapan atau ketakutan, Volodymyr Zelensky menyemangati dunia dengan cara yang belum pernah kita lihat selama beberapa dekade," tulis Edward Felsenthal, pemimpin redaksi Time menjelaskan, dilansir Kamis, 8 Desember 2022. 

Zelensky berbicara secara virtual di KTT G20

Photo :
  • AFP
Dapat Duit Rp989 Triliun dari AS, Presiden Ukraina Langsung Tulis di Sosmed: Terima Kasih AS

"Dalam minggu-minggu setelah bom Rusia mulai berjatuhan pada 24 Februari, keputusannya untuk tidak melarikan diri dari Kyiv tetapi untuk tetap tinggal dan menggalang dukungan adalah hal yang menentukan. Dari postingan Instagram pertamanya yang berdurasi 40 detik pada 25 Februari, menunjukkan bahwa Kabinet dan masyarakat sipilnya utuh dan pada tempatnya, untuk pidato harian yang disampaikan dari jarak jauh ke gedung-gedung seperti Parlemen, Bank Dunia, dan Penghargaan Grammy, Presiden Ukraina ada di mana-mana," tambah Felsenthal.

Jalur karier Zelensky yang tidak terduga telah membawanya dari aktor komik menjadi presiden dalam masa perang hanya dengan rentang waktu beberapa tahun. Ia menjadi presiden Ukraina pada April 2019, pada usia yang cukup muda yaitu 41 tahun. Sebelum terjun ke dunia politik, ia menghabiskan tahun-tahun sebelumnya sebagai pemain film, membintangi komedi romantis dan ikut mendirikan perusahaan produksi TV yang sukses.

Mahasiswa Yahudi Ketakutan usai Demo Anti-Israel Merebak di Kampus-kampus New York

Menyusul invasi Rusia ke Ukraina pada bulan Februari, ia memperoleh ketenaran baru ketika audiens internasional menyaksikan pidato videonya yang berapi-api dari jalan-jalan ibukota Ukraina yang rusak, Kyiv, tempat ia tinggal, meskipun intelijen menunjukkan ia adalah target utama penjajah Rusia dan mendapat tawaran untuk evakuasi ke AS.

Volodymyr Zelynsky jadi People of The Year versi Majalah Time

Photo :
  • TIME Magazine

"Pertarungan ada di sini (di Ukraina); saya butuh amunisi, bukan tumpangan," katanya kepada AS, menurut kedutaan Ukraina di Inggris.

Felsenthal mengatakan "semangat Ukraina diwujudkan oleh banyak orang di dalam dan di luar negeri."

“Untuk membuktikan bahwa keberanian dapat menular seperti rasa takut, untuk menggerakkan orang dan bangsa untuk bersatu membela kebebasan, untuk mengingatkan dunia akan kerapuhan demokrasi, dan perdamaian, Volodymyr Zelensky dan semangat Ukraina adalah pilihan Time sebagai Person of the Year 2022," lanjut Felsenthal.

Zelensky mengikuti jejak Elon Musk sebagai Time person of the Year untuk 2021. Sedangkan Presiden Rusia, Vladimir Putin adalah Time Person of the Year pada 2007.

Gelar tersebut tidak serta merta diberikan sebagai suatu kehormatan, tetapi menunjukkan bahwa pemenangnya memiliki pengaruh besar dalam peristiwa dunia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya