Turki Akan Buat Aturan Wajib Hijab Bagi Perempuan Saat Kerja dan Sehari-hari

Ilustrasi Jilbab
Sumber :
  • Jilbab

VIVA Dunia – Partai berkuasa Islam di Turki akan mengajukan amandemen konstitusi ke parlemen, pada minggu depan, yang mengatur hak perempuan untuk mengenakan jilbab di tempat kerja dan dalam kehidupan sehari-hari. Desakan itu menghidupkan kembali masalah yang sangat memecah belah di negara resmi sekuler tersebut.

5 Negara Muslim Ini Secara Data Bisa Gilas Israel, Nomor 3 Tak terduga!

Keputusan yang sangat dipolitisasi oleh partai AKP Presiden Recep Tayyip Erdogan datang enam bulan sebelum pemilu berikutnya, yang dinilai memiliki persaingan yang ketat. Mustafa Kemal Ataturk pendiri negara mayoritas Muslim itu, telah berusaha untuk menyelesaikan masalah ini ketika dia membangun Turki kontemporer dari abu Kekaisaran Ottoman seabad yang lalu.

Tapi jilbab masih mempolarisasi orang Turki, yang dicontohkan dalam budaya populer oleh serial Netflix terkenal “Ethos” pada tahun 2020.

Dapat Kecaman Keras, Presiden Iran Tetap Pertahankan Aturan Hijab yang Ketat

VIVA Militer: Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan

Photo :
  • alarabiya.net

"Ini semua akan membuat kemarahan sekarang, setiap pertunjukan (nanti) harus memiliki wanita bercadar," keluh seorang psikiater, dikutip dari The Sundaily, Jumat, 9 Desember 2022.

Heboh TikTokers Galih Loss Diduga Lecehkan Islam, Tim Siber Polri Langsung Turun Tangan

Tugas 20 tahun Erdogan sebagai perdana menteri dan presiden adalah memperjuangkan hak-hak Muslim konservatif, termasuk wanita bercadar setelah beberapa dekade pemerintahan sebelumnya yang lebih sekuler. Tapi kemungkinan saingannya dari partai CHP sekuler Ataturk, mendorong Erdogan untuk mempertimbangkan perubahan konstitusional yang bisa dilakukan untuk referendum.

Sementara itu, Kemal Kilicdaroglu mencoba merayu pendukung inti Erdogan dan menghapus sebagian suara AKP, serta menuduh presiden mencoba menyandera wanita bercadar.

Dia mengakui CHP telah membuat kesalahan di masa lalu dengan memberlakukan pembatasan jilbab, dan sekarang, pemerintahan Erdogan ingin membuat sejarah pada hak perempuan untuk menutup diri saat berada di sekolah dan di tempat kerja, untuk menjadi undang-undang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya