Rusia dan Amerika Serikat Resmi Saling "Tukar" Narapidana

Brittney Griner dan Viktor Bout
Brittney Griner dan Viktor Bout
Sumber :
  • Chron

VIVA Dunia – Rusia dan Amerika Serikat diketahui telah mencapai kesepakatan untuk saling bertukar narapidana.

Pihak Rusia telah membebaskan bintang bola basket asal Amerika Serikat Brittney Griner yang dipenjara karena penggunaan narkoba dengan pertukaran tahanan tingkat tinggi untuk narapidana pedagang senjata terkenal Viktor Bout, yang disebut "Pedagang Maut" yang telah ditahan di penjara AS selama 12 tahun.

Presiden AS Joe Biden, yang menjadikan pembebasan Griner sebagai prioritas utama setelah dia menghabiskan hampir 10 bulan di penjara, mengatakan dalam sebuah pidato dari Gedung Putih bahwa dia menemukan dia "dalam semangat yang baik" ketika berbicara setelah pertukaran di Abu Dhabi.

Brittney Griner dan Viktor Bout

Brittney Griner dan Viktor Bout

Photo :
  • Chron

“Dia (Griner) aman, dia di pesawat, dia sedang dalam perjalanan pulang setelah berbulan-bulan ditahan secara tidak adil di Rusia, ditahan dalam keadaan yang tidak dapat ditoleransi,” katanya melansir The Guardian, Sabtu, 9 Desember 2022. 

"Brittney akan segera kembali ke pelukan orang yang dicintainya, dan dia seharusnya berada di sana selama ini." lanjut Biden.

Tetapi, Biden menyatakan penyesalannya bahwa kesepakatan dengan Rusia itu tidak menyertakan Paul Whelan, seorang eksekutif keamanan perusahaan Michigan yang dipenjara sejak Desember 2018 atas tuduhan spionase yang dibantah oleh keluarganya dan pemerintah AS. 

Halaman Selanjutnya
img_title