Sosok Saifuddin Nasution, Mendagri Malaysia Berdarah Batak

Menteri Dalam Negeri Malaysia, Datuk Seri Saifuddin Nasution Ismail. (kedua dari kanan)
Sumber :
  • Bernama.

VIVA Dunia – Nama Saifuddin Nasution Ismail cukup menjadi sorotan. Pasalnya, Menteri Dalam Negeri Malaysia itu adalah keturunan Batak, Indonesia. Sebelumnya dia pernah menjabat sebagai Menteri Perdagangan Dalam Negeri pada masa pemerintahan perdana menteri Malaysia Mahathir Mohamad.

Pakar Hukum: Penambahan Jumlah Kementerian Keniscayaan Konstitusional

Sebelumnya, empat orang dilantik sebagai senator pada Sabtu, 3 Desember 2022, menyusul pengangkatan mereka sebagai menteri di Kabinet Pemerintah Persatuan Perdana Menteri Datuk Seri Anwar Ibrahim.

Melansir dari The Edge Markets, Senin, 12 Desember 2022, mereka mengambil sumpah jabatan di hadapan Presiden Dewan Negara Tan Sri Dr Rais Yatim di Gedung Parlemen pada pukul 08.30 waktu setempat. 

Dukung Prabowo Tambah Kementerian, Demokrat Sebut Jumlah Sekarang Tak Jawab Tantangan Zaman

Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim

Photo :
  • Dok Anwar Ibrahim

Empat dari mereka adalah Sekretaris Jenderal Pakatan Harapan (PH) Datuk Seri Saifuddin Nasution Ismail, yang diangkat sebagai Menteri Dalam Negeri Malaysia. Pria berusia 58 tahun itu juga sebelumnya pernah menjabat sebagai Menteri Perdagangan Dalam Negeri Malaysia.

PAN Doa Dapat Jatah Menteri Paling Banyak, Prabowo: Masuk Itu Barang!

Saifuddin diketahui adalah generasi ketujuh dalam keluarga Nasution. Ayahnya saat itu berhijrah dari desa Mandailing, Ujong Lombang ke Singapura pada 1950-an, sebelum akhirnya berpindah ke Kedah, Malaysia.

Meski menjabat sebagai bagian dari orang terpenting di Malaysia, namun Saifuddin masih menyempatkan dirinya untuk pulang ke kampung halaman, Mandailing. Paling tidak, kata dia, setahun sekali. Karena rasanya kurang lengkap jika dalam 365 hari, tidak mengunjungi Ujung Lombang (desa di Sumut).

Saifuddin diketahui telah menyelesaikan pendidikannya di Tamagawa Gakuen, Tokushima, Jepang, dan mendapatkan lencana kepengurusan latihan. Dia juga mendapatkan gelar sarjana sains pada bidang Agronomi dari Universiti Putra Malaysia.

Nama Saifuddin Nasution kini cukup terkenal di Malaysia, dia dianggap sebagai senior dalam perpolitikan di Negeri Jiran itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya