Obama Lagi-lagi Tunda Kunjungan ke Indonesia

Barack Obama saat keluar dari Pesawat Kepresidenan AS
Sumber :
  • AP Photo/Pablo Martinez Monsivais

VIVAnews - Presiden Amerika Serikat (AS), Barack Obama, lagi-lagi menunda kunjungan ke Indonesia. Penyebab sementara, Obama dan para pejabat Amerika tengah dipusingkan dengan masalah pencemaran lingkungan di perairan selatan AS akibat bocornya sumur minyak mentah bawah laut yang dikelola suatu perusahaan minyak.

Penundaan itu disampaikan juru bicara Gedung Putih, Robert Gibbs, pada Jumat 4 Juni 2010. Menurut Gibbs, seperti dikutip kantor berita Associated Press, Obama dengan "sangat menyesal" menunda kunjungan ke Indonesia dan Australia.

Obama telah menelpon pemimpin Indonesia dan Australia Kamis malam waktu AS (Jumat pagi WIB) perihal penundaan itu. Gibbs belum memberi alasan penundaan kembali kunjungan Obama, namun keputusan itu dibuat di saat AS tengah menghadapi krisis bocornya sumur minyak di Teluk Meksiko. Selain itu belum ada penjelasan apakah sudah ditetapkan jadwal baru. 

Sehari sebelumnya, sejumlah media Amerika Serikat dan mancanegara mulai ragu apakah Obama bisa melakukan kunjungan ke luar negeri dalam beberapa pekan mendatang mengingat krisis bocornya sumur minyak di kilang milik British Petroleum (BP), yang meledak lebih dari sebulan yang lalu, telah menjadi isu nasional di Negeri Paman Sam.

Rencana kunjungan Obama ke Indonesia bulan ini masih belum jelas. Pejabat senior Departemen Luar Negeri AS, Maria Otero, sempat mengungkapkan bahwa Obama akan ke Indonesia pada 14 Juni mendatang. Namun, belum ada pengumuman dari Gedung Putih yang membenarkan atau membantah informasi itu.

Menurut catatan VIVAnews, Obama sudah dua kali menunda kunjungan ke Indonesia. Pertama, dia diharapkan datang pada November 2009 - bersamaan dengan Konferensi APEC yang berlangsung di Singapura. Namun Obama menginginkan agar kunjungan ditunda hingga awal 2010 untuk menunggu liburan sekolah kedua putrinya.

Kedua, Obama berencana bertandang pada pertengahan Maret 2010. Namun lagi-lagi ditunda karena saat itu Obama tengah gigih memperjuangkan pengesahan undang-undang reformasi kesehatan di Kongres. Jadwal pun diundur menjadi pertengahan Juni. Kini, rencana kunjungan itu ditunda lagi.

Honda Vario 125 Versi Gambot Resmi Meluncur, Segini Harganya
Koalisi Sama Sama enam parpol di Depok di Pilkada 2024

Siap Gusur Dominasi PKS, 6 Parpol Rajut Koalisi Demi Menangkan Pilkada Depok 2024

6 parpol itu ancang-ancang siap merajut koalisi Sama-Sama demi perubahan kepemimpinan di Kota Depok.

img_title
VIVA.co.id
9 Mei 2024