Turkiye Temukan Cadangan Minyak 150 Juta Barel Senilai Rp 187 Triliun

VIVA Militer: Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan
Sumber :
  • foxnews.com

VIVA Dunia – Presiden Turkiye, Recep Tayyip Erdogan, mengumumkan bahwa pihaknya berhasil menemukan 150 juta barel cadangan minyak bersih di pegunungan tenggara negara itu.

Masker Beras Ternyata Memiliki Banyak Manfaat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Apa Saja?

Melansir dari TRT World, Rabu, 14 Desember 2022, penemuan tersebut diketahui senilai US$12 miliar atau setara dengan Rp187 triliun, menurut pengumuman Presiden Erdogan.

"Kami menemukan 150 juta barel cadangan minyak bersih di Gunung Gabar. Ini adalah salah satu dari 10 penemuan darat teratas pada tahun 2022. Nilai cadangannya sekitar 12 miliar dolar," kata Erdogan setelah rapat Kabinet di ibu kota Ankara pada Senin, 12 Desember 2022.

Turki Serukan Tekanan Besar ke Israel Untuk Mematuhi Tuntutan Gencatan Senjata PBB

Ladang minyak/Ilustrasi.

Photo :
  • CNBC

Dia menyatakan bahwa Turkiye telah mengintensifkan kegiatan eksplorasi minyaknya di darat. Erdogan juga menambahkan bahwa produksi minyak dimulai dari sumur-sumur dan dari daerah yang harus ditinggalkan akibat terorisme.

Turki Bantah Punya Kerja Sama Militer dengan Israel

Ankara memiliki tujuan untuk meningkatkan produksi hariannya menjadi 100.000 barel dalam peringatan seratus tahun Republik Turkiye, dengan lebih banyak penelitian seismik, lebih banyak pengeboran, dan metode peningkatan produktivitas.

Wilayah tempat ditemukannya cadangan minyak baru ini dinamai Gendarmerie Esma Cevik, yang menjadi martir dalam pekerjaan pembersihan ranjau di Gunung Gabar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya