Gempa 6,2 Magnitudo Guncang Taiwan

Peta Selat Taiwan.
Sumber :
  • ANTARA FOTO

VIVA Dunia – Gempa berkekuatan 6,2 magnitudo melanda Taiwan timur, pada pukul 12:03 Kamis 15 Desember 2022, menurut Biro Cuaca Pusat Taiwan (CWB). Pusat gempa berada 29,1 kilometer tenggara Hualien County Hall, dengan kedalaman fokus dangkal 5,7 km. 

Situasi di Timur Tengah Memanas, RI dan China Kompak Dukung Palestina Jadi Anggota PBB

Sebagai informasi, Taiwan menggunakan skala intensitas satu hingga tujuh, yang mengukur sejauh mana gempa dirasakan di lokasi tertentu.

Intensitas gempa terdaftar dalam skala 5 di Kabupaten Hualien dan 4 di Kabupaten Taitung, Kabupaten Yilan, Kabupaten Nantou, Kabupaten Chiayi, Kabupaten Changhua, Kota Chiayi, Kota Taichung, dan Kabupaten Yunlin.

Setelah Jokowi, Menlu China Wang Yi Temui Prabowo Subianto

Ilustrasi - Seismograf, alat pencatat getaran gempa.

Photo :
  • ANTARA

Sementara itu, Tingkat intensitas 3 tercatat di Kota Kaohsiung, Kabupaten Hsinchu, Kota Tainan, Kota Taipei Baru, Kabupaten Miaoli, Kota Taoyuan, dan Kabupaten Pingtung.

Gunung Ruang Erupsi Tim SAR Susuri Pesisir Laut Kepulauan Sitaro Evakuasi Warga Tertinggal

Melansir dari Taiwan News, Kamis, 15 Desember 2022, tingkat intensitas 2 dilaporkan di Kota Taipei, Kota Keelung, Kota Hsinchu, dan Kabupaten Penghu. Meski demikian, tidak ada cedera atau kerusakan akibat gempa yang dilaporkan pada hari Kamis.

Sebelumnya, pada September lalu, Taiwan juga diguncang gempa yang mengkibatkan jalanan serta gedung-gedung rusak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya