Pekerja Mogok Massal, Tentara Inggris Terpaksa Jadi Sopir Ambulans

Serikat pekerja kereta api London mogok kerja
Sumber :
  • AP Photo/Kin Cheung

VIVA Dunia – Pemerintah Inggris akan mengerahkan 1.200 tentaranya untuk menggantikan pengemudi ambulans dan staf perbatasan yang berencana mogok, mengikuti beberapa serikat pekerja sektor publik yang mogok kerja sepekan sebelum Natal.

Inggris, AS Berikan Sanksi pada Tokoh Militer Terkemuka Iran Usai Serangan Terhadap Israel

Dilansir AP, Minggu, 18 Desember 2022, awak ambulans akan mogok pada hari Rabu, bergabung dengan perawat, staf kereta api, petugas paspor dan pekerja pos, yang semuanya melakukan serangkaian pemogokan dalam beberapa minggu mendatang.

Gelombang pemogokan paling intens di Inggris terjadi sebagai respons terhadap krisis biaya hidup yang didorong oleh melonjaknya harga makanan dan energi setelah pandemi COVID-19 dan invasi Rusia ke Ukraina.

5 Negara yang Pasok Senjata Terbesar ke Israel untuk Lawan Iran, AS Jadi yang Terbesar

Sekitar 417.000 hari kerja hilang akibat pemogokan di bulan Oktober, jumlah tertinggi dalam satu dekade.

Ilustrasi tentara Inggris.

Photo :
  • U-Report
Harga Pangan Naik Gegara Perang Israel Vs Iran?

Serikat pekerja mencari kenaikan gaji untuk mengimbangi inflasi, yang mencapai 10,7% pada November, turun sedikit dari 11,1% pada Oktober tetapi masih tertinggi dalam 40 tahun.

Pemerintah Konservatif berpendapat bahwa kenaikan dua digit akan mendorong inflasi lebih tinggi lagi, dan telah mencoba menyalahkan para pemimpin serikat pekerja atas gangguan tersebut. 

Di tabloid Sun pada hari Minggu, Perdana Menteri Rishi Sunak mencap kepala serikat pekerja "Grinches yang ingin mencuri Natal untuk tujuan politik mereka sendiri."

Menteri kabinet Oliver Dowden mengaku tidak bertanggung jawab dan membiarkan gaji sektor publik dan inflasi lepas kendali.

"Kami membuat kemajuan dengan ekonomi. Jangan mempertaruhkan itu dengan permintaan yang tidak terjangkau ini," katanya kepada BBC.

Pemerintah memperkirakan bahwa opini publik akan berbalik melawan serikat pekerja karena orang-orang di seluruh Inggris menghadapi penundaan janji temu rumah sakit, pembatalan kereta api, dan penundaan perjalanan selama musim liburan musim dingin. 

Tetapi jajak pendapat menunjukkan tingkat dukungan yang tinggi bagi para pekerja – terutama perawat, yang pemogokannya di seluruh Inggris, Wales, dan Irlandia Utara adalah yang pertama dalam 100 tahun sejarah serikat mereka, Royal College of Nursing.

Perawat dan kru ambulans mengatakan mereka masih akan merespons keadaan darurat selama pemogokan mereka.

"Kami telah memberikan komitmen bahwa anggota kami akan bergegas keluar dari jalur piket dan masuk ke ambulans jika ada keadaan darurat yang perlu ditanggung," kata Onay Kasab, pimpinan nasional serikat pekerja Unite.

Tetapi Matthew Taylor, yang mengepalai badan layanan kesehatan Konfederasi NHS, mengatakan pasien akan berisiko, dan meminta pemerintah dan serikat pekerja untuk berkompromi.

"Kami berada di tengah musim dingin dan kami memiliki layanan kesehatan yang, bahkan pada hari biasa tanpa aksi industri, sulit untuk mengatasinya," katanya kepada BBC

"Jadi akan ada risiko bagi pasien. Tidak ada kompromi tentang itu,"

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya