Messi Cs Juara Piala Dunia, Presiden Argentina Colek Macron: Tim Terbaik Menang!

Presiden Argentina Alberto Fernandez bersama Presiden Prancis Emmanuel Macron
Sumber :
  • AP Photo/Michel Euler

VIVA Dunia – Presiden Argentina Alberto Fernandez menerima ucapan selamat dari berbagai presiden pemimpin dunia, atas keberhasilan timnas Argentina sebagai juara di Piala Dunia Qatar 2022. Argentina sukses menumbangkan timnas Prancis lewat drama adu penalti yang sangat menegangkan.

Terpopuler: Sindiran Suporter Bali United, Media Asing Puji Indonesia

Di tengah kesuksesan Lionel Messi cs, Fernandez sibuk membalasi twit para pemimpin dunia yang mengucapkan selamat lewat akun Twitter pribadinya, @alferdez. Salah satu yang disorot adalah twit Presiden Prancis Emmanuel Macron.

Macron sebelumnya mengucapkan selamat kepada timnas Argentina atas kemenangannya di Piala Dunia Qatar 2022, seraya memberi semangat kepada timnas negaranya bahwa perjuangan mereka sangat luar biasa.

Lionel Messi dan Sergio Busquets Bikin Gol, Inter Miami Amankan Puncak Klasemen

"Selamat kepada tim Prancis atas daya juangnya di Piala Dunia ini. Anda telah menggetarkan bangsa dan pendukung di seluruh dunia. Selamat kepada Argentina atas kemenangannya," cuit Macron di akun Twitter pribadinya.

Presiden Argentina Alberto Fernandez bersama Presiden Prancis Emmanuel Macron

Photo :
  • AP Photo/Thibault Camus
Lionel Messi Butuh Bantuan 'Orang Dalam' untuk Tampil di Piala Dunia Antarklub 2025

Cuitan Macron itu langsung direspons Presiden Argentina Alberto Fernandez, yang merayakan suka cita kemenangan tim Tango.  

"Teman baik @EmmanuelMacron! Mereka memainkan permainan yang sulit bagi kami, tetapi tim terbaik menang. Sukacita luar biasa di Argentina dan di seluruh Amerika Latin," ujar Fernandez

"Kami senang dan gembira dengan kemenangan yang luar biasa ini. Hidup sepak bola dan persahabatan antar bangsa," sambungnya.

Sebelum laga final berlangsung, kedua pemimpin ini sempat perang kata-kata di Twitter. Macron mengaku bersahabat dengan Presiden Fernandez, namun dia yakin Les Blues akan mengalahkan tim Tango di final Piala Dunia Qatar 2022.  

"Semua persahabatan saya dengan Argentina dan Amerika Latin, sayang @alferdez. Tapi, sebelumnya, saya minta maaf untuk sore ini. Allez les Bleus!," kata Macron

Sontak cuitan itu langsung dibalas Fernandez. "Dear friend @EmmanuelMacron, saya memiliki kasih sayang yang besar untuk Anda dan saya berharap yang terbaik untuk Anda di masa depan. Kecuali hari Minggu. Argentina adalah negara saya yang luar biasa, dan ini adalah Amerika Latin! Ayo pergi biru dan putih!," ujar Fernandez

Argentina keluar sebagai juara Piala Dunia 2022 setelah mengalahkan Prancis 4-2 lewat adu penalti di Stadion Lusail, Doha, Minggu waktu setempat menyusul hasil imbang 3-3 setelah babak tambahan.

Pada waktu normal dan babak tambahan, gol Argentina diciptakan oleh Lionel Messi dari titik penalti pada menit ke-23 dan pada menit ke-108 serta Angel Di Maria pada menit ke-36, sedangkan Prancis membuat tiga gol balasan lewat Kylian Mbappe pada menit ke-80 (P) dan ke-81, serta ke-118 (P), demikian laman resmi FIFA.

Setelah bermain imbang hingga akhir babak tambahan, Argentina memenangi babak adu penalti ketika keempat eksekutornya berhasil menjebol gawang Lloris, di saat Kingsley Coman mendapati tembakannya ditepis kiper Emiliano Martinez dan tendangan Aurelien Tchouameni melebar.

Ini merupakan gelar ketiga Argentina di Piala Dunia setelah terakhir kali memenangi turnamen itu pada 1986. Kemenangan itu juga mewujudkan mimpi Lionel Messi di pentas tertinggi sepak bola pada apa yang kemungkinan menjadi Piala Dunia terakhirnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya