Wanita di Afghanistan Dilarang Berpendidikan Tinggi, Human Rights Watch: Keputusan Memalukan

Ilustrasi kuliah
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Dunia – Kementerian pendidikan tinggi Taliban telah memerintahkan larangan tanpa batas waktu pendidikan universitas bagi perempuan di Afghanistan dalam dekrit terbaru yang menindak hak-hak dan kebebasan perempuan, menarik kecaman keras internasional.

Jaga Toko Kue Sendirian, Pegawai Wanita Ini Jadi Korban Tindakan Asusila

Pengumuman itu dikeluarkan saat Dewan Keamanan PBB bertemu di New York, dan departemen luar negeri AS mengumumkan pembebasan dua orang Amerika yang ditahan oleh Taliban.

Meskipun pada awalnya menjanjikan aturan yang lebih moderat yang menghormati hak-hak perempuan dan minoritas, Taliban telah secara luas menerapkan interpretasi mereka yang ketat terhadap hukum Islam sejak merebut negara itu tahun lalu.

Detik-Detik Wanita ODGJ Ngamuk Rusak Minimarket di Bekasi, Pemotor Dipukuli

Mereka melarang anak perempuan dari sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas, membatasi perempuan dari sebagian besar pekerjaan dan memerintahkan mereka untuk mengenakan pakaian dari kepala hingga ujung kaki di depan umum. Wanita juga dilarang ke taman dan pusat kebugaran dan dilarang bepergian tanpa saudara laki-laki.

Ilustrasi Kegiatan Kuliah Tatap Muka Sebelum Pandemi.

Photo :
  • vstory
Wanita Open BO di Dermaga Pulau Pari Dilaporkan Hilang Sebelum Ditemukan Tewas

Sebuah surat, dikonfirmasi oleh juru bicara kementerian pendidikan tinggi, menginstruksikan universitas negeri dan swasta Afghanistan untuk segera menangguhkan akses ke siswa perempuan, sesuai dengan keputusan Kabinet.

Larangan pendidikan tinggi datang beberapa minggu setelah gadis-gadis Afghanistan mengikuti ujian masuk universitas di seluruh negeri, meskipun diblokir dari ruang kelas 12.

Hingga saat ini, beberapa perempuan diizinkan untuk melanjutkan studi di universitas tetapi di ruang kelas yang dipisahkan secara gender.

“Saya tidak bisa memenuhi impian saya, harapan saya. Semuanya menghilang di depan mata saya dan saya tidak bisa berbuat apa-apa,” kata seorang mahasiswa jurnalistik dan komunikasi tahun ketiga di Universitas Nangarhar, dikutip dari abc news. 

“Ayah saya punya mimpi untuk saya, bahwa putrinya akan menjadi jurnalis berbakat di masa depan. Itu sekarang hancur,” imbuhnya.

Human Rights Watch menyebut langkah itu "keputusan memalukan" yang memperjelas kurangnya rasa hormat Taliban terhadap "hak-hak dasar warga Afghanistan".

Pemerintah asing, termasuk Amerika Serikat, telah mengatakan bahwa perubahan kebijakan tentang pendidikan perempuan diperlukan sebelum dapat mempertimbangkan untuk mengakui secara resmi pemerintahan yang dikelola Taliban, yang juga dikenai sanksi berat.

“Taliban tidak bisa berharap untuk menjadi anggota yang sah dari masyarakat internasional sampai mereka menghormati hak semua warga Afghanistan, terutama hak asasi manusia dan kebebasan dasar perempuan dan anak perempuan,” kata Wakil Duta Besar AS untuk PBB Robert Wood kepada dewan, menggambarkan langkah itu sebagai "sama sekali tidak dapat dipertahankan".

Duta Besar Inggris untuk PBB Barbara Woodward mengatakan penangguhan itu adalah "pengurangan hak-hak perempuan yang mengerikan dan kekecewaan yang mendalam dan mendalam bagi setiap siswa perempuan".

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya