Jutaan Orang Turun ke Jalan Ikut Parade Kemenangan Piala Dunia Timnas Argentina

Tim sepak bola nasional Argentina yang memenangkan Piala Dunia 2022 naik di atas bus terbuka selama parade mereka di Buenos Aires, Argentina, Selasa, 20 Desember 2022.
Sumber :
  • AP Photo/Rodrigo Abd.

VIVA Dunia – Jutaan orang mengikuti parade untuk merayakan kemenangan Argentina di Piala Dunia Qatar 2022, pada Selasa 21 Desember 2022. Jutaan warga Argentina membanjiri jalan raya dan jalan layang di Buenos Aires, hanya sekedar untuk melihat sekilas tim nasional negara itu, yang memenangkan salah satu final Piala Dunia terbesar sepanjang masa.

Media AS Sorot Kemenangan Timnas Indonesia Atas Vietnam: Patut Mendapat Pujian

Begitu banyak penggemar yang melambai-lambaikan bendera memenuhi ibu kota, sehingga para pemain harus meninggalkan bus terbuka yang membawa mereka ke Buenos Aires, dan menaiki helikopter, yang disebut pemerintah sebagai parade udara.

"Para juara dunia terbang di seluruh rute dengan helikopter karena tidak mungkin melanjutkan perjalanan darat karena ledakan kebahagiaan rakyat,” tulis Gabriela Cerruti, juru bicara Presiden Argentina Alberto Fernández, melalui media sosial.

2 Pemain Timnas Indonesia Ini Pernah Hancurkan Skuad Erik Ten Hag

Ribuan rakyat Argentina menyambut kepulangan tim nasional Argentina yang berhasil memenangkan Piala Dunia 2022.

Photo :
  • AP Photo/Rodrigo Abd.

Melansir dari AP, Rabu, 21 Desember 2022, setelah terbang di atas titik-titik penting Buenos Aires tempat para penggemar berkumpul, helikopter kembali ke markas Asosiasi Sepak Bola Argentina di luar ibu kota.

Sindiran Menohok Justin Hubner Usai Indonesia Bantai Vietnam: Enteng!

Beberapa penggemar terus merayakan di jalan-jalan, sementara yang lain keluar dari Buenos Aires dengan wajah murung. Mereka mengeluh bahwa mereka tidak dapat memberikan penghormatan kepada tim yang membawa pulang trofi Piala Dunia pertama negara itu sejak 1986.

“Kami marah karena pemerintah tidak mengatur ini dengan baik sehingga seharusnya kami semua bisa merayakannya,” kata Diego Benavídez, yang sudah menunggu sejak pagi untuk melihat timnas Argentina.

Namun, yang lain menanggapi hal ini dengan tenang. “Saya tidak kecewa, kami mengikuti pesta itu,” kata Nicolás López, yang berada di pusat kota Buenos Aires bersama putrinya yang berusia 7 tahun.

Pawai dihentikan tak lama setelah dua orang melompat dari jembatan ke bus beratap terbuka yang membawa para pemain. Satu berhasil masuk ke dalam bus, yang lain jatuh ke trotoar.

Ketua asosiasi sepak bola Claudio Tapia menyalahkan penegak hukum atas perubahan rencana tersebut.  

“Organisme keamanan yang sama, yang mengawal kami tidak mengizinkan kami untuk bergerak maju,” tulis Tapia di media sosial.  

"Saya minta maaf atas nama semua pemain juara."

Bentrokan kecil

Ribuan rakyat Argentina menyambut kepulangan tim nasional Argentina yang berhasil memenangkan Piala Dunia 2022.

Photo :
  • AP Photo/Victor Caivano.

Menjelang malam, ketika sebagian besar penggemar telah berhamburan keluar dari pusat kota Buenos Aires, terjadi bentrokan kecil antara beberapa orang dan penegak hukum. Setidaknya delapan orang terluka, menurut laporan media setempat.

Insiden itu bermula ketika petugas pemadam kebakaran pergi ke Obelisk, yang merupakan tempat perayaan tradisional, untuk mengusir beberapa orang yang menerobos masuk ke dalam monumen. Bus telah bergerak, namun dengan kecepatan seperti siput selama lebih dari empat jam melewati kerumunan manusia sebelum parade darat dihentikan.

Kapten Tim Lionel Messi dan pemain lainnya melambaikan tangan ke kerumunan tersebut saat mereka mengangkat trofi Piala Dunia setelah mengamankan gelar ketiga negara itu. Para pemain semua tersenyum ketika mereka menyaksikan banyak orang yang bersorak untuk sedekat mungkin dengan bus.

Diperkirakan 4 juta orang turun ke jalan pada Selasa sore, 20 Desember 2022, menurut media lokal. “Saya merayakan cara orang-orang turun ke jalan untuk menghormati timnas kami,” tulis Presiden Alberto Fernández di media sosial setelah pawai dihentikan.

Penggemar yang merayakan mengambil alih jalan raya, dan rute akses ke ibu kota saat suhu naik hingga 30 derajat Celcius (86 derajat Fahrenheit). Ribuan telah mendirikan kemah sejak Selasa pagi di Obelisk.

Presiden Argentina juga mendeklarasikan hari libur nasional pada hari Selasa agar negara tersebut dapat merayakan kemenangan Piala Dunia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya