California Diguncang Gempa 6,4 M, 2 Orang Tewas, 11 Luka-Luka, Puluhan Rumah Retak

Rumah warga hancur karena gempa di California
Sumber :
  • Reuters

VIVA Dunia – California kembali berduka. Setidaknya, dua orang tewas dalam gempa besar yang melanda California utara Selasa. 

Tewasnya Siswa SMK di Nias Selatan Diduga Dipukul Kepala Sekolah

Menurut Kantor Layanan Darurat Sheriff Kabupaten Humboldt, dua kematian tersebut diakibatkan oleh keadaan darurat medis selama atau setelah gempa berkekuatan 6,4 yang mengguncang daerah itu pada pukul 2:30 pagi Rabu 21 Desember 2022, dilansir dari The Guardian

Badan Survei Geologi AS (USGS) menyebut, titik pusat gempa berada di 12 kilometer arah barat-barat daya Ferndale, California, dengan kedalaman 16,1 km. Titik pusat tersebut tak begitu jauh dari garis pantai.

Pria Tanpa Identitas Tewas Tertabrak Mobil di Tol Tomang

Salah satu korban jiwa berada di Rio Dell, daerah yang mengalami sebagian besar kerusakan akibat gempa.

Rumah warga hancur karena gempa di California

Photo :
  • Reuters
Pria Tanpa Identitas Tewas di Tol Dalam Kota, Diduga Tertabrak saat Menyeberang

Orang itu mengalami kesulitan bernapas saat gempa. Mereka mengalami serangan jantung dan meninggal setelah dibawa ke rumah sakit, kata Walikota Rio Dell Debra Garnes.

Sejauh ini ada 11 orang cedera yang dilaporkan dan puluhan rumah retak dan rusak, lapor para pejabat setempat. 

Gempa dahsyat itu memicu peringatan dini "peringatan getar" sekitar 10 menit sebelum melanda sekitar tujuh mil barat-barat daya Ferndale, sebuah kota sekitar 250 mil sebelah utara San Francisco. Itu diikuti oleh setidaknya 80 gempa susulan selama beberapa jam berikutnya.

Kerusakannya signifikan, tetapi "minimal" dibandingkan dengan kekuatan gempa, menurut Brian Ferguson, juru bicara Kantor Layanan Darurat Gubernur California.

Setidaknya empat jalan di Kabupaten Humboldt telah ditutup karena retakan, dan saluran gas serta listrik mati. 

Ilustrasi - Seismograf, alat pencatat getaran gempa.

Photo :
  • ANTARA

Fernbridge di Ferndale ditutup saat petugas darurat mengevaluasi empat retakan raksasa di trotoar yang membentang di sepanjang struktur tengara, kata catatan insiden CHP. Dana darurat senilai USD$6juta dikeluarkan untuk memperbaiki jembatan, yang merupakan salah satu dari sedikit akses yang tersedia untuk memasuki kota California.

Lebih dari 70.000 warga dibiarkan tanpa listrik, termasuk dua rumah sakit yang menggunakan generator. Pihak berwenang telah meluncurkan pusat pengisian daya di Auditorium Kota Eureka di kota pesisir dan bekerja sama dengan Palang Merah Amerika untuk mendirikan Pusat Bantuan Lokal bagi penduduk yang terkena dampak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya