Presiden Ukraina Zelensky Kunjungi AS, Perdana Keluar Kandang Pasca Invasi Rusia

Presiden Joe Biden bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky
Sumber :
  • AP Photo/Evan Vucci

VIVA Dunia – Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, kemungkinan akan berkunjung ke Washington, Amerika Serikat, untuk bertemu Presiden AS, Joe Biden, dan Kongres AS pada Rabu 21 Desember 2022, kata sejumlah sumber. Jika benar terjadi, kunjungan Zelensky itu akan merupakan yang pertama kalinya ia lakukan ke luar negeri, sejak Rusia mulai melakukan invasi ke Ukraina pada akhir Februari.

AS Gelontorkan Lagi Rp 420 Triliun Lebih untuk Perang Israel di Gaza

Biden diperkirakan akan melakukan pertemuan dengan Zelensky di Gedung Putih, kata seorang sumber. Kunjungan presiden Ukraina itu akan bertepatan dengan niat Biden untuk mengirimkan peluru-peluru kendali Patriot bagi pemerintah Ukraina, menurut laporan saluran televisi CNN.

Pengiriman serangkaian rudal itu ditujukan agar Ukraina bisa melindungi diri dari bombardemen Rusia. Selama lawatan di Washington, kata seorang sumber yang mengetahui rencana tersebut, Zelensky antara lain akan bertemu dengan para anggota parlemen di Gedung Capitol.

Joe Biden Sahkan Undang-undang yang Membuat Tiktok Terancam Diblokir

VIVA Militer: Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky

Photo :
  • nytimes.com

Kebenaran soal lawatan itu, kata sumber tersebut, belum dipastikan. Ia juga mengatakan bahwa masalah keamanan bisa mengubah rencana itu.

Menhan AS Ucapkan Selamat ke Prabowo Usai Ditetapkan Sebagai Presiden Terpilih

Juru bicara Zelensky belum menanggapi permintaan untuk berkomentar. Kemungkinan kunjungan Zelensky ke AS itu pertama kali dilaporkan oleh Punchbowl News, koran politik daring yang berbasis di Washington, D.C.

Kantor Ketua DPR AS Nancy Pelosi belum menanggapi permintaan komentar atas laporan soal kemungkinan kunjungan Zelensky. Sebelumnya pada Selasa (20/12), Pelosi mengatakan melalui surat bahwa Kongres akan menggelar sidang pada Rabu malam, yang akan secara "sangat khusus memusatkan perhatian pada demokrasi."

Presiden Zelensky, menurut jadwal resminya, terakhir kali pergi ke luar negeri adalah dalam rangka menghadiri Munich Security Conference pada 19 Februari. (Ant/Antara)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya