Di Hadapan Kongres, Zelensky Ucapkan Terimakasih pada Rakyat AS Atas Bantuan yang Diberikan

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di Gedung DPR AS.
Sumber :
  • AP Photo/Jacquelyn Martin.

VIVA Dunia –  Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, melakukan pidato bersenjarah di depan para anggota DPR AS dalam kunjungannya ke Washington, Amerika Serikat, Rabu 22 Desember 2022. Zelensky berterima kasih kepada rakya Amerika karena telah membantu mendanai perjuangan dalam perang melawan Rusia.

AS Kirim 25 Ribu Makanan Siap Saji ke Jalur Gaza Melalui Udara

Zelenksy menyatakan bahwa uang yang diberikan AS bukan amal, tetapi sebuah investasi dalam keamanan global dan demokrasi. Zelensky menyebut puluhan miliar dolar dalam bantuan militer dan ekonomi AS yang diberikan selama setahun terakhir sangat penting bagi upaya Ukraina untuk mengalahkan Rusia, dan meminta lebih banyak lagi di masa depan.

"Uang Anda bukan amal. Ini adalah investasi dalam keamanan global dan demokrasi yang kami tangani dengan cara yang paling bertanggung jawab,” dia berusaha meyakinkan para anggota DPR yang ada di ruangan dan rakyat AS yang menonton di rumah.

Tesla Bakal Luncurkan Mobil Listrik Murah? Ini Kata Elon Musk

Zelensky saat berpidato di depan Kongres AS

Photo :
  • amp.cnn.com

Zelensky melakukan perjalanan pertamanya yang diketahui ke luar negaranya sejak Rusia menginvasi negaranya pada bulan Februari. Perjalanan ini ditujukan untuk menghidupkan kembali dukungan bagi negaranya di AS dan di seluruh dunia, di saat ada kekhawatiran bahwa sekutu semakin lelah dengan perang yang mahal, dan gangguannya terhadap pasokan pangan dan energi global.

Film Badarawuhi di Desa Penari Bakal Tayang di 28 Negara Bagian AS

Zelensky menerima tepuk tangan meriah dari anggota Kongres dan menyerahkan bendera Ukraina kepada anggota parlemen yang ditandatangani oleh pasukan garis depan di Bakhmut, di provinsi Donetsk yang diperebutkan di Ukraina. Bendera dikibarkan di belakangnya di mimbar oleh Ketua DPR Nancy Pelosi dan Wakil Presiden Kamala Harris.

Pelosi, pada gilirannya, memberi Zelensky sebuah bendera Amerika yang berkibar di atas Capitol hari itu. Zelensky mengibarkannya ke atas dan ke bawah saat dia keluar dari ruangan.

Zelensky menyatakan dalam pidatonya bahwa Ukraina “tidak akan pernah menyerah.” Zelensky memperingatkan bahwa pertaruhan konflik lebih besar dari sekadar nasib bangsanya – bahwa demokrasi di seluruh dunia sedang diuji.

“Pertempuran ini tidak dapat diabaikan, berharap lautan atau sesuatu yang lain akan memberikan perlindungan,” katanya, berbicara dalam bahasa Inggris untuk apa yang disebutnya sebagai “pidato untuk orang Amerika.”

Paket bantuan militer

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky bertemu dengan Presiden AS, Joe Biden.

Photo :
  • AP Photo/Patrick Semansky.

Tepat sebelum kedatangannya, AS mengumumkan paket bantuan militer baru senilai US$1,8 miliar, termasuk untuk pertama kalinya memberikan rudal permukaan-ke-udara Patriot. Dan Kongres berencana untuk memberikan suara minggu ini pada paket dana baru yang mencakup sekitar US$45 miliar untuk bantuan darurat tambahan untuk Ukraina.

Pidato kepada Kongres disampaikan setelah Presiden Joe Biden menjamu Zelensky di Ruang Oval untuk konsultasi strategi. Biden mengatakan AS dan Ukraina akan mempertahankan "pertahanan bersatu" mereka. Biden berjanji untuk membantu mewujudkan "perdamaian yang adil".

Zelensky memberi tahu Biden bahwa dia ingin berkunjung lebih cepat dan kunjungannya sekarang menunjukkan bahwa "situasinya terkendali, karena dukungannya. Perjalanan yang sangat sensitif itu terjadi setelah 10 bulan perang brutal yang telah memakan puluhan ribu korban di kedua sisi dan kehancuran bagi warga sipil Ukraina.

Zelensky melakukan perjalanan ke Washington dengan jet Angkatan Udara AS. Kunjungan tersebut telah lama diinginkan oleh kedua belah pihak, tetapi kondisi yang tepat baru tercapai dalam 10 hari terakhir, kata pejabat AS. Zelensky menghabiskan kurang dari 10 jam di Washington sebelum memulai perjalanan kembali ke Ukraina.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya