39 Pesawat China Terobos Zona Pertahanan Udara Taiwan

Pesawat-pesawat tempur China seliweran di langit sekitar Taiwan
Sumber :
  • Li Bingyu/Xinhua via AP

VIVA Dunia – Taiwan kerahkan jet tempurnya untuk mengusir 39 pesawat China yang memasuki zona pertahanan udara tenggara di negara itu, kata kementerian pertahanan Taiwan, pada Kamis, 22 Desember 2022. Taiwan mengeluhkan bahwa misi angkatan udara China, seringkali masuk ke wilayah selatan zona identifikasi pertahanan udara Taiwan (ADIZ) selama dua tahun terakhir.

Curhat Jurnalis Asing Kala Bertugas di China

Serangan pada hari Kamis termasuk 21 pesawat tempur dan 4 pembom H-6, pesawat peringatan dini, antikapal selam dan pesawat pengisian bahan bakar udara, kata kementerian pertahanan Taiwan dalam sebuah laporan yang merinci aktivitas China di ADIZ selama 24 jam terakhir.

Melansir dari NDTV, Kamis, 22 Desember 2022, banyak pesawat terbang di atas jalur perairan yang dikenal sebagai Selat Bashi, yang masuk ke daerah lepas pantai tenggara pulau itu. "Tiga kapal angkatan laut China juga terdeteksi di dekat Taiwan," kata kementerian itu.

Iran Bantah Rudal Israel Meledak di Isfahan: Itu Drone yang Ditembak Jatuh

VIVA Militer: Kapal perang Angkatan Laut China (PLAN) di dekat perairan Taiwan

Photo :
  • scmp.com

Taiwan mengirim pesawat tempur tersebut untuk memperingatkan pesawat China, sementara sistem rudal memantau penerbangan mereka, kata kementerian itu. Dia menambahkan bahwa Taipei menggunakan standar yang berlaku di negara itu atas sikap militer China

Situasi Makin Gawat, Israel Targetkan Serang Wilayah Nuklir Iran di Kota Isfahan

Pemberitahuan terpisah dari pemerintah Taiwan mengatakan unit penelitian dan pengembangan kementerian pertahanan Institut Sains dan Teknologi Nasional Chung-Shan, mengadakan latihan penembakan rudal minggu ini di pantai tenggara pulau itu.

China, yang mengklaim Taiwan sebagai miliknya, telah meningkatkan tekanan dalam beberapa tahun terakhir di pulau yang memiliki pemerintahan sendiri itu untuk menerima aturan Beijing. Namun, pemerintah Taiwan menolak klaim China dan mengatakan bahwa mereka menginginkan perdamaian dan akan mempertahankan diri jika diserang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya