5 Fakta Menarik Rudal Nuklir Minuteman III AS yang Bikin Rusia Cemas

Minuteman III
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Dunia – Peluncuran rudal balistik antarbenua (ICBM) jenis Minuteman III telah ditunda tahun 2022. Amerika Serikat (AS) membeberkan alasan menunda peluncuran untuk meredam potensi perang nuklir dengan Rusia yang tengah menginvasi Ukraina.

Siap Ikuti Latma Rimpac, TNI AL Berangkatkan Kapal Perang KRI REM-331 Arungi Laut Pasifik ke Hawaii

Juru bicara Pentagon John Kirby mengatakan penundaan tes ICBM untuk menghindari salah paham antara AS dan Rusia. Berikut fakta-fakta Minuteman III yang dilansir VIVA dari Missile Threat:

1. Diproduksi Boeing

UFC 302: Islam Makhachev Bidik Hattrick Kemenangan Lawan Legenda UFC, Bakal Lampaui Rekor Khabib

Minuteman III

Photo :
  • National Park Service

Rudal jenis ICBM ini diproduksi oleh perusahaan dirgantara asal AS, Boeing. Minuteman III memulai pengembangan pada tahun 1964 dan mulai beroperasi pada tahun 1970. AS diketahui melakukan minimal dua kali uji coba Minuteman III setiap tahun, untuk memastikan gudang senjata berfungsi dan dapat diandalkan, menurut laporan Air Force.

Bersalah dalam 34 Dakwaan, Donald Trump Dijatuhi Hukuman 4 Tahun Penjara

Dikutip Missile Threat, senjata Minuteman III merupakan elemen dari kekuatan strategi negara, di bawah kendali Komando Serang Global Angkatan Udara AS (USAFGSC).

2. Rudal Balistik Antarbenua

Minuteman memiliki tiga roket dan mendorong propelan padat (bahan bakar/oksidator). Cara mengoperasikan rudal ini dengan meluncurkan ke luar angkasa dan rudal secara otomatis masuk kembali ke atmosfer bumi dan menggunakan pendorong untuk mengarah ke titik sasaran.

VIVA Militer: ICBM Minuteman III terbang di langit California.

Photo :
  • AFGSC

Sejak produksi rudal dihentikan pada tahun 1978, AS telah menjalankan program modernisasi rudal meliput, perluasan opsi target dan peningkatan akurasi dan kemampuan bertahan.

3. Tes Berkala dan Terjadwal

VIVA Militer: Rudal balistik antarbenua LGM-30 Minuteman III Amerika Serikat

Photo :
  • military.com

Untuk memverifikasi program tersebut berhasil, AS secara berkala memperbarui rudal Minutemen. Umumnya rudal ditembakkan dari Vandenberg Space Force Base di California dan menempuh jarak 4.200 mil (6.759 km) untuk mencapai target di Atol Kwajalein, Kepulauan Marshall.

4. Jangkauan 13 Ribu Kilometer

Peluncuran Pengujian Misil Balistik Minuteman III.

Photo :
  • RT.com

Minuteman III didesain dengan roket pendorong berbahan bakar padat yang menjadikan Minuteman III memiliki kecepatan unggul ketimbang ICBM lain yang berbahan bakar cair.

Rudal Minuteman III memiliki jangkauan maksimum 13.000 kilometer, memiliki ukuran panjang 18,2 meter, diameter 1,85 meter, dengan bobot 34.467 kilogram.

Berbagai sistem komunikasi dilengkapi untuk memberi presiden dan pertahanan pertahanan kontak langsung dengan setiap kru peluncuran Minuteman III. Tentu rudal ini dapat dioperasikan dari jarak jauh.

5. Daya Ledak Dapat Menghancurkan Kota

VIVA Militer: Uji coba rudal balistik antar benua Minuteman III Amerika Serikat

Photo :
  • Air Force Global Strike Command

Pada awalnya Minuteman III mengangkut tiga hulu ledak nuklir berkekuatan rendah. Namun saat ini hanya dilengkapi dengan hulu nuklir tunggal, yang menghasilkan daya ledak 300 hingga 475 kiloton TNT.

Sebagai informasi, bom Hiroshima yang diluncurkan pada akhir Perang Dunia II menghasilkan daya ledak 16 kiloton TNT, sedangkan bom Nagasaki menghasilkan 21 kiloton TNT.

Saat ini diperkirakan AS memiliki 400 unit rudal Minuteman III di gudang senjatanya bawah tanah. Tercatat pada tahun 2002 hingga 2012, Amerika Serikat menghabiskan sekitar US$7 miliar untuk meningkatkan dan memperpanjang masa pakai 400 rudal di gudang senjatanya untuk masa pakai hingga 2030.

Meskipun banyak negara berkembang telah memiliki ICBM, namun tidak ada yang benar-benar ditembakkan untuk perang hingga saat ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya