5 Negara dengan Populasi Paling Sedikit, Tertarik Pindah?

Negara Vatikan
Sumber :
  • Bussiness World

VIVA Dunia – Populasi didefinisikan sebagai jumlah total orang yang tinggal di suatu negara atau wilayah. Berdasarkan GlobalData pada Juli 2022, populasi diperkirakan akan meningkat sebanyak 81 juta orang setiap tahun. 

7 Negara dengan Populasi Daerah Kumuh Terbesar di Dunia

Di sisi lain, masih ada negara dengan populasi paling sedikit di dunia. Faktor yang mempengaruhi sedikitnya populasi suatu negara adalah luas negara yang kecil, tingkat perkembangan, fungsi lahan, serta iklim. 

Berikut 5 negara dengan populasi paling sedikit yang dilansir dari travellinglifestyle.net. 

5 Negara dengan Pertumbuhan Populasi Terendah di Dunia

Vatikan

Museum Vatikan

Photo :
8 Negara Terbaik untuk Bekerja Secara WFH

Vatikan terletak di kota Roma, Italia. Pada tahun 2022, populasi negara ini hanya sekitar 800 orang. Tak cuma negara dengan populasi paling sedikit, Vatikan juga negara terkecil dalam total mil persegi. 

Namun populasinya dapat meningkat tiga hingga empat kali lipat pada hari tertentu karena masuknya wisatawan. Turis datang ke sini untuk melihat Basilika Santo Petrus, Kapel Sistina, dan Museum Vatikan. 

Penampakan Nauru dari udara (Wikipedia)

Photo :
  • U-Report

Republik Nauru adalah sebuah pulau berbentuk oval di Samudra Pasifik barat daya yang berada sekitar 35 mil selatan khatulistiwa. Statistik sensus terbaru menunjukkan negara ini memiliki 10.876 penduduk. 

Pendapatan Nauru sebagian besar dari ekspor fosfat dan penjualan izin penangkapan ikan. Negara-negara seperti Australia dan Taiwan turut memberikan bantuan bagi perekonomian Nauru.

Tuvalu

Tuvalu

Photo :
  • INABA Tomoaki/Wikimedia

Terletak di antara Hawaii dan Australia, Tuvalu mempunyai populasi sebanyak 11.931 orang menurut angka sensus 2022. Sebelumnya dikenal sebagai Kepulauan Ellice, Tuvalu merdeka sepenuhnya sebagai negara berdaulat di Persemakmuran Inggris pada 1 Oktober 1978.

Jika kamu mencari tempat untuk berwisata, Tuvalu bukan tempatnya. Negara ini sangat kecil dan tidak memiliki warisan arsitektur, bukit, gunung, atau sungai. 

Negara kepulauan Palau.

Photo :
  • U-Report

Palau dengan perkiraan populasi 2018 sebanyak 18.169 orang, adalah salah satu gugusan pulau di Samudra Pasifik. Babelthuap, Koror, Malakal, Arakabesan, dan Peleliu adalah pulau utama di Palau. 

Negara ini termasuk tepat scuba-diving terbaik di dunia dengan kehidupan lau yang menampilkan berbagai flora dan fauna. Ahli biologi mengatakan Palau memiliki lebih banyak spesies biota laut daripada wilayah lain dengan ukuran serupa di dunia. 

San Marino

Photo :
  • Commonists/wikimedia

Negara ini adalah tetangga dari Italia dengan dihuni oleh 34.017 penduduk. San Marino berada di sisi timur laut Pegunungan Apennine dan pantai dekat Rimini, kawasan resor utama Italia. 

Sebuah konstitusi yang ditulis dan diadopsi pada akhir abad ke-16 masih digunakan untuk mengatur San Marino. Menurut legenda, seorang tukang batu Saint Marinus adalah pendiri negara ini pada tahun 301 Masehi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya