INFOGRAFIK: Perang Ukraina dan Rusia Sepanjang Tahun

Perang Ukraina dan Rusia
Sumber :

VIVA – Perang Ukraina dan Rusia masih terus berlangsung saat tahun 2022 segera berganti. Perang Ukraina-Rusia yang telah berlangsung 10 bulan ini jadi perhatian sepanjang tahun 2022.

Pertama Kali, Ukraina Tembak Jatuh Pesawat Pengebom Rusia

Perang Ukraina-Rusia sebenarnya sempat diendus intelijen akan terjadi di akhir 2021. Citra satelit menunjukkan adanya penumpukan tentara Rusia dan peralatan militer berat di perbatasan Ukraina.

Salah satu penyebab perang ini diduga karena Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, mendekat ke Barat. Putin juga mendengar Zelenskyy ingin Ukraina masuk NATO.

Daftar Negara Sekutu Iran yang Siap Bantu Jika Perang Terjadi, Ada China hingga Rusia

Perang makin nyata dan dekat pada 21 Februari 2022 ketika Presiden Rusia Vladimir Putin mengakui kemerdekaan milisi Donbass, Republik Rakyat Donetsk dan Republik Rakyat Luhansk. Sehari kemudian, Parlemen Rusia menyetujui mobilisasi tentara sesuai usul Putin.

Dan akhirnya, pada 24 Februari 2022, Rusia memulai operasi militer ke Ukraina. Sejak saat itu, ribuan tentara dan warga sipil ke dua belah pihak tewas sebagai efek perang.

Kena Veto Amerika Serikat, Palestina Gagal Jadi Anggota Penuh PBB Usai Ajukan Resolusi

Apa lagi dampak dan jalannya perang Ukraina vs Rusia ? Silakan simak dalam Infografik di bawah ini.

VIVA Militer: Pasukan milisi Republik Ossetia Selatan

Bukan Hanya Palestina, Ini 9 Negara yang Belum Diakui Keanggotannya oleh PBB

PBB memiliki anggota sekitar 193 negara. Namun, di luar jajaran negara-negara tersebut, terdapat setidaknya 9 negara yang belum mendapat pengakuan sebagai anggota PBB. 

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024