Data: 2022 Jadi Tahun Terpanas di Italia Sejak 1800

Italia
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Dunia – Tahun 2022 ini menjadi tahun terpanas di Italia sejak pencatatan dimulai pada 1800, menurut data dari Institute for Atmospheric Science di National Research Council (NRC) Italia.

Vespa World Days 2024 Pecahkan Rekor di Pontedera

“Ada rekor tertinggi sepanjang jalan, dimulai pada musim semi, sepanjang musim panas, dan sekarang di musim dingin,” kata Bernardo Gozzini, direktur konsorsium meteorologi LaMMA NRC, dikutip dari Xinhua.

Rekor baru ini tidak akan resmi di sahkan sampai akhir tahun 2022, tetapi pejabat LaMMA mengatakan secara statistik tidak mungkin suhu rata-rata turun di bawah tahun 2018, yang sebelumnya merupakan tahun terpanas yang pernah tercatat di Italia.

Panas Ekstrem Melanda Thailand, 30 Orang Tewas

LaMMA pertama kali mulai melaporkan pada bulan Juli, bahwa tahun ini berada di jalur yang tepat untuk menjadi rekor terpanas. Pada bulan Oktober, dikatakan bahwa suhu di Italia utara dan tengah 3,2 derajat Celcius lebih tinggi dari biasanya.

Milan, Italia

Photo :
  • Arbalete/wikimedia
Hujan Sedang hingga Lebat Diperkirakan Guyur Sejumlah Daerah pada Hari Ini

Sementara itu, organisasi tersebut melaporkan suhu 5 hingga 7 derajat Celcius lebih tinggi dari rata-rata pada akhir Desember di sebagian besar Eropa selatan dan tengah, termasuk Italia.

Tahun ini merupakan tahun yang sulit di Italia, dengan kekeringan musim panas yang panjang mengurangi permukaan air hingga tiga perempat di sebagian besar sungai utama Italia, dan memangkas sepertiga produksi pertanian. Suhu yang sangat panas mengakibatkan ratusan kematian.

Pada bulan Juli, kurangnya curah hujan dikombinasikan dengan suhu tinggi yang tidak sesuai musim menyebabkan gletser di kisaran Dolomites Italia utara runtuh.

Milan, Italia

Photo :
  • Ank kumar/wikimedia

Menurut Masyarakat Meteorologi Italia, atau Nimbus, arus cuaca hangat dari Afrika Utara telah mendorong suhu di bulan Desember ke titik tertinggi yang tidak sesuai musim. 

Pejabat Nimbus Daniele Cat Berro mengatakan, bahwa suhu tinggi ini akan bertahan setidaknya hingga akhir tahun di Italia tengah dan selatan. Di tingkat global, 2016 tetap menjadi tahun terpanas, diikuti oleh 2020, 2019, dan 2022, menurut NRC.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya