Ungkapan Duka dari Pemimpin Dunia atas Wafatnya Pele

Legenda sepakbola Brasil, Pele
Sumber :
  • Instagram: Pele

VIVA Dunia – Legenda sepak bola dunia asal Brasil, Edson Arantes do Nascimento atau Pele tutup usia pada Kamis, 29 Desember 2022. Kabar duka itu membawa kesedihan bagi para fans pele di seluruh dunia.

Jude Bellingham Bakal Jadi Legenda Real Madrid

Meninggalnya Pele yang dijuluki raja sepak bola itu juga mendapat sorotan dari para pemimpin dunia. Banyak dari pemimpin dunia yang mengungkapkan kesedihannya saat mendengar kabar tersebut.

Terinspirasi dari Keluarga Temannya, Mantan Pemain Real Madrid Masuk Islam

Berikut deretan pemimpin dunia yang mengungkapkan duka citanya saat kabar Pele meninggal dunia tersebar luas:

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden

Legenda Sepakbola Brasil Romario Umumkan Comeback di Usia 58 Tahun

Untuk olahraga yang menyatukan dunia tidak seperti yang lain, kebangkitan Pele dari awal yang sederhana menjadi legenda sepak bola adalah kisah nyata tentang apa yang mungkin terjadi. Hari ini, Jill dan saya memikirkan keluarganya dan semua orang yang mencintainya," kata Biden, dikutip dari AP, Jumat, 30 Desember 2022.

Mantan Presiden AS Barack Obama

Pele adalah salah satu yang terhebat yang pernah memainkan permainan yang indah. Dan sebagai salah satu atlet yang paling dikenal di dunia, dia memahami kekuatan olahraga untuk menyatukan orang. Pikiran kami bersama keluarganya dan semua orang yang mencintai dan mengaguminya," tulis Obama dalam Twitternya. 

Pele Mantan pemain Timnas Brasil

Photo :
  • Wikimedia

Presiden Brasil Lula da Silva

Saya memiliki keistimewaan yang tidak dimiliki pemain muda Brasil. Saya melihat Pele bermain, secara langsung, di Pacaembu dan Morumbi (stadion). Saya melihat Pelé memberikan pertunjukan hebat. Karena ketika mendapatkan bola dia selalu melakukan sesuatu yang istimewa, yang seringnya berakhir dengan gol. Saya akui bahwa saya marah kepada Pele, karena dia selalu membantai Corinthians saya. Tapi, pertama dan terpenting, saya mengaguminya. Hanya sedikit orang Brasil yang mengambil nama negara kami sejauh yang dia lakukan," katanya.

Perdana Menteri Italia Giorgia Meloni

Terima kasih atas bakat hebatnya. Dia meninggalkan jejak bahkan pada generasi yang tidak cukup beruntung untuk melihatnya bermain. Hari ini seluruh dunia berduka atas legenda bernama Pele," kata Meloni.

Legenda Timnas Brasil, Pele.

Photo :
  • ANTARA/HO-FIFA Media Office/Alexandre Schneider/aa

Mantan Presiden Brasil Fernando Henrique Cardoso

Pele adalah simbol bangsa kita yang tak terbantahkan, sumber kebanggaan bagi kita semua. Di luar prestasinya sebagai legenda olahraga dunia, Pele adalah pejabat publik teladan, setia pada prinsip, nilai, dan negara kita. Kita semua kehilangan kepergiannya.”  

Sebagai informasi, saat Fernando menjabat sebagai presiden, Pele menjabat sebagai menteri olahraganya.

Presiden Irlandia Michael D. Higgnis

Saya senang bertemu Pele dalam beberapa kesempatan di tahun 1980-an dan 1990-an dan pertemuan terakhir kami adalah dalam kunjungan kerja ke Meksiko pada tahun 2013 di Guadalajara. Dalam setiap pertemuan kami, saya dikejutkan oleh perasaan gembira yang sama dengan yang dia berikan di lapangan sepak bola.”

Wali Kota London Sadiq Khan

"RIP Pele. Seorang pahlawan bagi begitu banyak orang dan salah satu yang terhebat yang pernah menghiasi permainan ini.”

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya