Ibunda PM India Narendra Modi Meninggal Dunia di Usia 99 Tahun

PM India Narendra Modi turun dari Hercules yang mendarat di jalan tol
Sumber :
  • Twitter

VIVA Dunia – Ibunda dari Perdana Menteri India Narendra Modi, Heeraben Modi, meninggal dunia. Beliau tutup usia pada umur 99 tahun.

Mantan Komandan IDF Sebut Netanyahu Bikin Israel Semakin Terpuruk

"Abad yang mulia terletak di kaki Tuhan," cuit Modi dalam Twitter-nya, pada Jumat pagi, 30 Desember 2022.

Dia menyalakan tumpukan kayu pemakaman ibunya di Gandhinagar di negara bagian Gujarat barat, yang menjadi tempat tinggal ibunya.

Keluarga Ungkap Penyebab Meninggalnya Sopyan Dado, Punya Riwayat Diabetes Hingga Sakit Jantung

Heeraben telah dirawat di rumah sakit pada hari Rabu, 28 Desember 2022, setelah kesehatannya dikabarkan memburuk. Sebagai informasi, perdana menteri India itu sering mengunjungi ibunya untuk meminta restu pada acara dan festival penting.

"Kehidupan dan pengorbanannya telah membentuk pikiran, kepribadian, dan kepercayaan dirinya," tulis Modi pada 18 Juni ketika Heeraben berusia 99 tahun.

Profil Sopyan Dado Bintang Sinetron TOP yang Meninggal Dunia

Perdana Menteri india, Narendra Modi.

Photo :
  • channelnewsasia.com

"Ibuku sederhana, dia luar biasa. Sama seperti semua ibu," tulisnya, dikutip dari BBC, Jumat, 30 Desember 2022.

Mereka terakhir terlihat bersama di depan umum pada 4 Desember lalu, ketika Modi mengunjungi rumahnya selama pemilihan majelis di Gujarat, negara bagian asalnya.

Heeraben dilaporkan tinggal bersama adik laki-laki Modi dan keluarganya. Beberapa politisi dan menteri telah menyatakan kesedihan atas kematian ibunda Modi di media sosial.

Menteri Pertahanan India Rajnath Singh men-tweet bahwa dia sangat sedih dengan berita itu. "Kematian seorang ibu meninggalkan kekosongan dalam hidup seseorang yang tidak mungkin diisi," tulisnya.

M Venkaiah Naidu, mantan wakil presiden India juga menyampaikan belasungkawa. Heeraben lahir di Visnagar di distrik Mehsana Gujarat pada tahun 1923.

"Masa kecilnya adalah salah satu kemiskinan dan kekurangan," tulis Modi.

Saat remaja, dia menikah dengan Damodardas Mulchand Modi dan pindah ke kota Vadnagar beberapa kilometer jauhnya.

"Di Vadnagar, keluarga kami biasa tinggal di rumah mungil yang bahkan tidak memiliki jendela, apalagi kemewahan seperti toilet atau kamar mandi," tulis Modi di blognya.

Perdana Menteri India Narendra Modi.

Photo :
  • U-Report

Dia menggambarkan ibunya sebagai orang yang tepat waktu, rapi dan pekerja keras. "Sambil bekerja, dia menyenandungkan bhajan dan himne favoritnya," tulisnya.

Heeraben diketahui tidak pernah menghadiri program publik, dia hanya menemaninya ke salah satu acara Modi pada tahun 2001, ketika dia pertama kali mengambil sumpah jabatan sebagai menteri utama Gujarat.

"Sejak itu, dia tidak pernah menemaniku ke satu acara publik pun," tulisnya.

Meskipun ia menjadi perdana menteri India pada tahun 2014, Heeraben mengunjunginya di Delhi hanya dua tahun kemudian.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya