5 Negara Paling Terisolasi di Dunia selain Korea Utara

tanda ke bandara di Pulau Doini, Papua Nugini
Sumber :
  • ianknabel66/wikimedia

VIVA Dunia – Saat ini ada lebih dari 190 negara di dunia. Sebagian besar dari negara di dunia membuka lebar pintunya bagi para wisatawan asing entah untuk berlibur atau perjalanan bisnis.

Deretan Negara yang Ternyata Penduduknya Paling Cepat Meninggal di Dunia

Namun di sisi lain, ada pula negara yang terisolasi sehingga hampir mustahil untuk dikunjungi oleh penduduk dari negeri lain.

Salah satu negara yang bisa dibilang terisolasi dari dunia luar adalah Korea Utara. Dilansir dari bscholary.com, konfusianisme, komunisme, otoritarianisme, tirani, dan monarki semuanya bercampur aduk di sana.  

Delegasi Korea Utara Kunjungi Iran, Isu Kerjasama Semakin Kuat

Hal tersebut yang dinilai membuat Korea Utara sulit masuk ke norma internasional. Faktor itu ditambah dengan Korea Utara bukan anggota organisasi regional manapun dan hanya mengikuti beberapa organisasi nasional selain PBB.

Selain Korea Utara, ada juga negara lain yang terisolasi dari dunia luar. Berikut daftarnya. 

8 Negara dengan Penurunan Tercepat di Asia

Somalia

Somalia

Photo :
  • U-Report

Mayoritas warga Somalia hidup dengan gaya nomaden atau semi nomaden. Sebagian besar wilayah Somalia semi kering dengan daerah utara diliputi pegunungan kasar sementara bagian tengah dan selatan datar. Kondisi alam serta gaya hidup penduduk Somalia membuat negara di Afrika ini termasuk yang paling terisolasi. 

Taman Nasional Tsingy de Bemaraha, Madagaskar

Photo :
  • Twitter @AfricaFactsZone

Madagaskar adalah negara kepulauan terbesar kedua di dunia setelah Indonesia. Karena lokasi terpencil Madagaskar, mereka memiliki keanekaragaman hayati yang unik. Namun faktor ini juga yang membuat Madagaskar terisolasi.

Ahli geologi berpikir Madagaskar bergabung dengan Afrika 165 juta tahun lalu tapi selama 15 juta tahun berikutnya, mereka malah menjauh.

pemandangan di Filingué, Niger

Photo :
  • NigerTZai/wikimedia

Dikelilingi sepenuhnya oleh daratan dan tanpa akses ke laut, Niger menjadi negara yang terkurung daratan. Lantaran kekurangan akses laut, Niger sering menghadapi kesulitan ekonomi. Negara ini berbatasan dengan tujuh negara yaitu Aljazair, Benin, Burkina Faso, Chad, Libya, Mali, dan Nigeria.

Guinea-Bissau

Guinea-Bissau

Photo :
  • Helena Maria Pestana/wikimedia

Hampir mirip dengan Madagaskar, Guinea-Bissau adalah negara kecil yang berada di Afrika Barat. Akibatnya negara ini jadi sulit dijangkau oleh orang lain. Kepulauan Bissagos merupakan kepulauan kecil yang terletak 48 km dari pantai lepas Guinea-Bissau.

Suku Trobrianders di Papua Nugini

Photo :
  • instagram.com/southpacificnesian

Papua Nugini mencakup bagian timur Pulau Papua namun juga termasuk Kepulauan Bismarck, Solomon Utara, Louisiade, dan beberapa pulau kecil lainnya. Jumlah bahasa terbesar ada di negara ini dengan 860 hingga 867 dialek. 

Walaupun kaya dengan sumber daya (tembaga, emas, nikel, mangan, besi, dan platina), kemiskinan di Papua Nugini masih tinggi. Bahkan per tahun 2020, kurang 40 persen penduduk mendapatkan akses listrik sehingga negara ini masih terisolasi. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya